PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI INTEGRASI PERMAINAN UNO STACKO DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anida Nur Nasution Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.9.1.%25p

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menyimak siswa yang masih kurang. Kemampuan menyimak yang kurang ini disebabkan karena pembelajaran yang kurang menarik untuk mengembangkan kemampuan menyimak. Kemampuan menyimak menjadi hal yang penting untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada siswa dengan integrasi permainan uno stacko dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Peneitian melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Babakan Ranji dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyimak siswa meningkat karena integrasi permainan uno stacko dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan kondisi pra siklus hanya 26,92% dari 26 siswa. Pada siklus I meningkat siswa tuntas meningkat menjadi 46,15% dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi  93,21%. Hasil tersebut menunjukan bahwa integrasi permainan uno stacko dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Nasution, A. N., Nurasiah, I., & Sutisnawati, A. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI INTEGRASI PERMAINAN UNO STACKO DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika, 9(1). https://doi.org/10.24853/holistika.9.1.%p

Issue

Section

Articles