PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR

Fitria Rosmi

Abstract


Karakter anak sangat penting untuk diupayakan salah satunya ketika di bangku sekolah
dasar, pendidikan karakter adalah modal utama seseorang untuk menjalankan kehidupan
sebagai khalifah di bumi, pada full day school sekolah mendapatkan waktu tambahan
dalam menanamkan karakter tersebut.Para orang tua yang sibuk dengan rutinitas
pekerjaan mereka di kantorkhususnya di daerah perkotaan menjadikan mereka percaya
pada sekolah yang menerapkan sekolah dengan istilah sekolah sehari penuh atau full day
school. Sekolah dengan full day school di daerah Tangerang Selatan memasukkan
pendidikan karakter sebagai kegiatan pembiasaan pada full day school. Penelitian ini
menggunakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif-deskriptif.Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.Metode
yang digunakan adalah analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan
verifikasi data.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa sekolah dasar dalam menerapkan pendidikan karakter
pada full day school terbilang baik, karena waktu luang anak yang digunakan ketika
pulang ke rumah menjadi lebih berarti dan bermanfaat.


Full Text:

PDF

References


Achmadi. (2010). Idiologi Pendidikan

Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agung, dkk.(2002). Majalah Percikan Iman,

Full Day School.Jakarta.

Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter

Membangun Perilaku Positif Anak

Bangsa.Bandung: CV. Yrama Widya.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan

Internalisasi Pendidikan Karakter di

Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Arif, Rahman. (2009). Memahami Pendidikan

dan Ilmu Pendidikan.Yogyakarta

:LaksBang Mediatama.

Arikunto, Suharsimi. (2010). “ Prosedur

Penelitian Siswa Pendekatan Praktik”.

Jakarta: Rhineka Cipta.

Baharudin.(2009). Pendidikan dan Psikologi

Perkembangan.Yogyakarta: Ar Ruzz

Media

Darsono, Parwinegoro. (2010) Filsafat Ilmu

Pendidikan.Jakarta: Nusantara

Consulting.

European Journal of Teacher

Educationhttp://web.b.ebscohost.com/e

host/pdfviewer/pdfviewer?vid=19&sid

=dd6c128b-1392-4188-8118-

bb14fea28%40sessionmgr106&hid

=124.

Huddatul, (2012). Manajemen Strategis

Program FDS, Yogyakarta: UIN Yogyakarta.

Kemendikbud (2015). Konsep dan Pedoman

PPK. Tim PPK Kemendikbud.

Mulyasa.(2012). Manajemen Pendidikan

Karakter. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Ngalim, Purwanto. (1987). Ilmu Pendidikan

(Teoritis dan Praktis).Bandung:

Remaja Karya.

J, Maleong Lexy. (2004). Metodologi

Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona, Thomas. (2010). “ Educational

Character. Jakarta.

Susanto, Ahmad. (2016). Pendidikan

berkemajuan dan bermartabat di mata

para pegiat pendidikan.Jakarta: FIP

UMJ Press.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi

Pendidikan.Bandung: Rosdakarya.

Saifudin, Azwar. (1998). Metode Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistyaningsih, Wiwik. (2008) Full Day

School dan Optimalisasi Perkembangan Anak.

Yogyakarta: Paradigma Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.53-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ