PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Karakter anak sangat penting untuk diupayakan salah satunya ketika di bangku sekolah
dasar, pendidikan karakter adalah modal utama seseorang untuk menjalankan kehidupan
sebagai khalifah di bumi, pada full day school sekolah mendapatkan waktu tambahan
dalam menanamkan karakter tersebut.Para orang tua yang sibuk dengan rutinitas
pekerjaan mereka di kantorkhususnya di daerah perkotaan menjadikan mereka percaya
pada sekolah yang menerapkan sekolah dengan istilah sekolah sehari penuh atau full day
school. Sekolah dengan full day school di daerah Tangerang Selatan memasukkan
pendidikan karakter sebagai kegiatan pembiasaan pada full day school. Penelitian ini
menggunakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif-deskriptif.Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.Metode
yang digunakan adalah analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan
verifikasi data.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa sekolah dasar dalam menerapkan pendidikan karakter
pada full day school terbilang baik, karena waktu luang anak yang digunakan ketika
pulang ke rumah menjadi lebih berarti dan bermanfaat.
Full Text:
PDFReferences
Achmadi. (2010). Idiologi Pendidikan
Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Agung, dkk.(2002). Majalah Percikan Iman,
Full Day School.Jakarta.
Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter
Membangun Perilaku Positif Anak
Bangsa.Bandung: CV. Yrama Widya.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan
Internalisasi Pendidikan Karakter di
Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Arif, Rahman. (2009). Memahami Pendidikan
dan Ilmu Pendidikan.Yogyakarta
:LaksBang Mediatama.
Arikunto, Suharsimi. (2010). “ Prosedur
Penelitian Siswa Pendekatan Praktik”.
Jakarta: Rhineka Cipta.
Baharudin.(2009). Pendidikan dan Psikologi
Perkembangan.Yogyakarta: Ar Ruzz
Media
Darsono, Parwinegoro. (2010) Filsafat Ilmu
Pendidikan.Jakarta: Nusantara
Consulting.
European Journal of Teacher
Educationhttp://web.b.ebscohost.com/e
host/pdfviewer/pdfviewer?vid=19&sid
=dd6c128b-1392-4188-8118-
bb14fea28%40sessionmgr106&hid
=124.
Huddatul, (2012). Manajemen Strategis
Program FDS, Yogyakarta: UIN Yogyakarta.
Kemendikbud (2015). Konsep dan Pedoman
PPK. Tim PPK Kemendikbud.
Mulyasa.(2012). Manajemen Pendidikan
Karakter. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Ngalim, Purwanto. (1987). Ilmu Pendidikan
(Teoritis dan Praktis).Bandung:
Remaja Karya.
J, Maleong Lexy. (2004). Metodologi
Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lickona, Thomas. (2010). “ Educational
Character. Jakarta.
Susanto, Ahmad. (2016). Pendidikan
berkemajuan dan bermartabat di mata
para pegiat pendidikan.Jakarta: FIP
UMJ Press.
Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi
Pendidikan.Bandung: Rosdakarya.
Saifudin, Azwar. (1998). Metode Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sulistyaningsih, Wiwik. (2008) Full Day
School dan Optimalisasi Perkembangan Anak.
Yogyakarta: Paradigma Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.53-60
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License