PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.53-60Abstrak
Karakter anak sangat penting untuk diupayakan salah satunya ketika di bangku sekolahdasar, pendidikan karakter adalah modal utama seseorang untuk menjalankan kehidupansebagai khalifah di bumi, pada full day school sekolah mendapatkan waktu tambahandalam menanamkan karakter tersebut.Para orang tua yang sibuk dengan rutinitaspekerjaan mereka di kantorkhususnya di daerah perkotaan menjadikan mereka percayapada sekolah yang menerapkan sekolah dengan istilah sekolah sehari penuh atau full dayschool. Sekolah dengan full day school di daerah Tangerang Selatan memasukkanpendidikan karakter sebagai kegiatan pembiasaan pada full day school. Penelitian inimenggunakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif-deskriptif.Pengumpulan datamenggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.Metodeyang digunakan adalah analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, danverifikasi data.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Hasilpenelitian ini menunjukan bahwa sekolah dasar dalam menerapkan pendidikan karakterpada full day school terbilang baik, karena waktu luang anak yang digunakan ketikapulang ke rumah menjadi lebih berarti dan bermanfaat.Referensi
Achmadi. (2010). Idiologi Pendidikan
Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Agung, dkk.(2002). Majalah Percikan Iman,
Full Day School.Jakarta.
Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter
Membangun Perilaku Positif Anak
Bangsa.Bandung: CV. Yrama Widya.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan
Internalisasi Pendidikan Karakter di
Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Arif, Rahman. (2009). Memahami Pendidikan
dan Ilmu Pendidikan.Yogyakarta
:LaksBang Mediatama.
Arikunto, Suharsimi. (2010). “ Prosedur
Penelitian Siswa Pendekatan Praktik”.
Jakarta: Rhineka Cipta.
Baharudin.(2009). Pendidikan dan Psikologi
Perkembangan.Yogyakarta: Ar Ruzz
Media
Darsono, Parwinegoro. (2010) Filsafat Ilmu
Pendidikan.Jakarta: Nusantara
Consulting.
European Journal of Teacher
Educationhttp://web.b.ebscohost.com/e
host/pdfviewer/pdfviewer?vid=19&sid
=dd6c128b-1392-4188-8118-
bb14fea28%40sessionmgr106&hid
=124.
Huddatul, (2012). Manajemen Strategis
Program FDS, Yogyakarta: UIN Yogyakarta.
Kemendikbud (2015). Konsep dan Pedoman
PPK. Tim PPK Kemendikbud.
Mulyasa.(2012). Manajemen Pendidikan
Karakter. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Ngalim, Purwanto. (1987). Ilmu Pendidikan
(Teoritis dan Praktis).Bandung:
Remaja Karya.
J, Maleong Lexy. (2004). Metodologi
Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lickona, Thomas. (2010). “ Educational
Character. Jakarta.
Susanto, Ahmad. (2016). Pendidikan
berkemajuan dan bermartabat di mata
para pegiat pendidikan.Jakarta: FIP
UMJ Press.
Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi
Pendidikan.Bandung: Rosdakarya.
Saifudin, Azwar. (1998). Metode Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sulistyaningsih, Wiwik. (2008) Full Day
School dan Optimalisasi Perkembangan Anak.
Yogyakarta: Paradigma Indonesia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).