PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI APLIKASI EDUKASI QUIZIZZ PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SD UMJ
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.133-140Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan aplikasi quizizz di mata kuliah Perkembangan Pendidikan SD. Penelitian ini memiliki populasi 80 mahasiswa PGSD yang mengikuti mata kuliah Perkembangan Pendidikan SD. Metode penelitian menggunakan adalah action research yang terdiri dari dua siklus. Instrument pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa..Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan hasil yang diperoleh melalui prasiklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan. Dari prasiklus mahasiswa belum ada motivasi belajar pada mata kuliah Perkembangan Pendidikan SD dan mahasiswa banyak yang belum mengetahui aplikasi quizizz Pada siklus I mahasiswa sudah sedikit termotivasi pada perkuliahan Perkembangan Pendidikan SD dan mahasiswa masih ada 50 mahasiswa belum bias menggunakan aplikasi quizizz. Pada siklus II motivasi belajar mahasiswa sangat meningkat dan semua mahasiswa sudah bias menggunakan aplikasi quizizz.Kata kunci:Motivasi belajar, Quizizz, Perkembangan Pendidikan SDReferences
REFERENSI
Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bahar, A. (2017, maret 10). Membuat Kuis Interaktif Kelas dengan Quizizz. Retrieved from ahzza: www.ahzaa.net
Guhlin, M. (2016, maret 10). Gamifying Learning With Quizizz. Retrieved from tcea: www.blog.tcea.org
Munahdi. (2010). Media Pembelajaran. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.
Paramita, G. V. (2010). Studi Kasus Perbedaan Karakteristik Mahasiswa Di Universitas 'X' - Indonesia dengan Universitas 'Y'- Australia. Humaniora, 1(2), 629-635.
Siregar, E. d. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siregar, J. R. (2014). Peningkatan Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Lesson Study Di SMAN 04 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, 1(1), 1-10.
Usman, H. (2014). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).