PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI APLIKASI EDUKASI QUIZIZZ PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SD UMJ

Laily Nurmalia, Lutfi Lutfi, Fitria Rosmi, Anisa Ihza Emorad

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan aplikasi quizizz di mata kuliah Perkembangan Pendidikan SD. Penelitian ini memiliki populasi 80 mahasiswa PGSD yang mengikuti mata kuliah Perkembangan Pendidikan SD. Metode penelitian menggunakan adalah action research yang terdiri dari dua siklus. Instrument pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa..Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan hasil yang diperoleh melalui prasiklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan. Dari prasiklus mahasiswa belum ada motivasi belajar pada mata kuliah Perkembangan Pendidikan SD dan mahasiswa banyak yang belum mengetahui aplikasi quizizz Pada siklus I mahasiswa sudah sedikit termotivasi pada perkuliahan Perkembangan Pendidikan SD dan mahasiswa masih ada 50 mahasiswa belum bias menggunakan aplikasi quizizz. Pada siklus II motivasi belajar mahasiswa sangat meningkat dan semua mahasiswa sudah bias menggunakan aplikasi quizizz.
Kata kunci:Motivasi belajar, Quizizz, Perkembangan Pendidikan SD


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bahar, A. (2017, maret 10). Membuat Kuis Interaktif Kelas dengan Quizizz. Retrieved from ahzza: www.ahzaa.net

Guhlin, M. (2016, maret 10). Gamifying Learning With Quizizz. Retrieved from tcea: www.blog.tcea.org

Munahdi. (2010). Media Pembelajaran. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Paramita, G. V. (2010). Studi Kasus Perbedaan Karakteristik Mahasiswa Di Universitas 'X' - Indonesia dengan Universitas 'Y'- Australia. Humaniora, 1(2), 629-635.

Siregar, E. d. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siregar, J. R. (2014). Peningkatan Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Lesson Study Di SMAN 04 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, 1(1), 1-10.

Usman, H. (2014). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.133-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ