MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN KARATE DALAM MATA PELAJARAN PENJAS

Arya Manual Prayuda

Abstract


ABSTRACT

The world of sports education is proliferating, especially in school subjects, namely physical education. The students are always enthusiastic about participating in this lesson. The karate material is done with the whole technique feels difficult for some sports teachers because of the limitations of proportional tools and materials. This article aims to make it easier for sports teachers to substitute and modify karate learning media in schools.

 

ABSTRAK

Dunia pendidikan olahraga berkembang sangat pesat khususnya pada mata pelajaran di sekolah yaitu penjaskes. Siswa-siswi selalu bersemangat dalam mengikuti pelajaran ini, materi karate yang sejatinya dilakukan dengan penuh teknik memang terasa menyulitkan bagi sebagian guru olahraga karena keterbatasan alat dan bahan yang proporsional. Tujuan artikel ini untuk memudahkan guru olahraga untuk melakukan substitusi dan modifikasi pada media pembelajaran karate di sekolah.

 


Keywords


Modification of Learning Media; Physical Education; Karate; Modifikasi Media Pembelajaran; Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Bahagia, Y. (2000). Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2007). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas.

Lutan, R., & Mutohir, T. C. (1997). Strategi Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Buku Materi Pokok, Depdikbud-Dikdasmen, BP2MG Penjaskes Setara D-II, Universitas Terbuka, Jakarta.

Samsudin, K. (2008). Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Prenada Media Group.

Sujoto, J. B. (2006). Teknik oyama karate. Elek Media Komputindo.

Supartono. (2000). Media Pembelajaran. Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Suradika, A. (2019). Pendidikan Keluarga dan Keluarga Berpendidikan Perspektif Islam. Direktorat Advokasi dan KIE BKKBN.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.3.2.173-179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ