PENGGUNAAN APLIKASI QUIPPER SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Anissa Amelia

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the use of the Quipper School application to increase the learning interest of 10th-grade students. The study sample was the 10th-grade female students at PKBM Bina Insan Mandiri, as many as 14 people. Sampling using a purposive sampling technique. The method used in this research is a descriptive quantitative method using the frequency distribution of the data to describe the study results. The results showed that 56.75 respondents agreed that the Quipper School application could increase interest in learning Mathematics in 10th-grade girls.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi Quipper School dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik kelas 10Putri. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas 10 Putri di PKBM Bina Insan Mandiri sebanyak 14 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif Deskriptif dengan menggunakan persebaran frekuensi data dalam memaparkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata responden sebesar 56,75 menyatakan setuju bahwa aplikasi Quipper School dapat meningkatkan minat belajar Matematika di kelas 10 Putri.

 


Keywords


Community Learning Activity Center; Quipper School; Learning Interest; Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Anwar, M. (2016, Agustus 20). Materi Matematika Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Semester 1/2. https://www.bukupaket.com/2016/08/materi-matematika-kelas-10-sma.html

Daryanto. (2009). Demonsrasi Sebagai Metode Belajar. Depdikbud.

Gunarsa, S. D. (1983). Psikologi perkembangan anak dan remaja (1 ed.). Gunung Mulia.

Hasan, C. (1994). Dimensi-dimensi psikologi pendidikan. Al Ikhlas.

Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(2), 259334. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga, Edisi 5, 205–243.

Marsigit. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan sistem Penilaian Matematika SMP. Universitas Negeri Yogya.

Mashudi, M. I. (2016). SINERGI MASYARAKAT DAN PKBM. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 5(2). https://ejournal.unesa.ac.id

Rasyad, R. (2003). Metode statistik deskriptif untuk umum. Grasindo.

Ruseffendi. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Tarsito.

Silalahi, U. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif (N. F. Atif, Ed.; 5 ed.). Refika Aditama.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (6 ed.). Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta.

Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. UMJ Press.

Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., & SofianHadi, M. (2020). The Influence of Instructional Materials and Educational Background on the Learning Outcomes of Islamic Education. Solid State Technology, 63(6), 1027-1043.

Uma, E. R. (2016). Pemanfaatan Quipper School di Kalangan Siswa SMA. Universitas Airlangga.

Walgito, B. (1982). Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Witherington, H. C. (1999). Psikologi pendidikan (M. Buchori, Penerj.; 7 ed.). Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.3.2.180-186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ