PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDYSASTER TERHADAP PENGETAHUAN KEBENCANAAN COVID-19 DI SD NEGERI KALIABANG TENGAH 7 BEKASI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini didasari karena minimnya inovasi dan kreativitas guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19 pada tahun pelajaran 2021/2022. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran studysaster terhadap pengetahuan kebencanaan Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan melibatkan 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian dapat terlihat dari hasil perhitungan dengan uji t independent dan diperoleh thitung 2,154 > ttabel 0,135 dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara siswa di kelas eksperimen dengan siswa di kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran studysaster terhadap pengetahuan kebencanaan covid-19 di SD Negeri Kaliabang Tengah 7 Bekasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkannya seperti kepada sekolah, guru, siswa serta peneliti selanjutnya.
Kata kunci: Model Pembelajaran Studysaster, Pengetahuan Kebencanaan Covid-19.
Kata kunci: Model Pembelajaran Studysaster, Pengetahuan Kebencanaan Covid-19.
Article Details
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.