PENGARUH DIKLAT BERJENJANG DAN PERANAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK ANAK USIA DINI

Main Article Content

Fauziah
Ahmad Suryadi
Farihen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuktikan ada tidaknya pengaruh dari diklat berjenjang terhadap kompetensi Pendidik anak usia dini; 2) mengukur peranan latar belakang pendidikan guru terhadap kompetensi mengajar mereka, dan 3) menjelaskan sejauh mana pengaruh dari diklat berjenjang dan peranan latar belakang pendidikan terhadap kompetensi guru. Terdapat 86 guru PAUD di Kecamatan Tambira, Jakarta Barat I, yang telah mengikuti diklat berjenjang di tahun 2017, berpartisipasi dalam penelitian ini. Studi ini merupakan studi ber-metode gabungan yang menggunakan tiga alat pengumpul data: 1) data hasil uji kompetensi guru sebelum dan sesudah mengikuti diklat, 2) wawancara, dan 3) angket tentang kompetensi guru. Karena metode pada penelitian ini merupakan campuran antara kuantitatif dan kualitatif, maka analisis data dilakukan dengan du acara yaitu dengan analisis statistik uji Paired-sample test untuk data kuantitatif dan analisis tematik untuk data kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan: 1) nilai p (sig) sebear 0,001 adalah lebih kecil dari 0,05 yang menkonfirmasi bahwa diklat berjenjang berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi guru; 2) latar belakang pendidikan berperan penting pada kompetensi guru seperti yang diperoleh dari hasil wawancara; dan 3) meskipun diklat berjenjang mempengaruhi kompetensi guru, namum, mereka masih merasa perlu untuk meningkatkan kualifikasi akademik mereka yaitu dengan melanjutkan studi S1 atau S2 PAUD. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa diklat berjenjang dan latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap kompetensi mengajar Pendidik anak usia dini.
Kata kunci: diklat berjenjang, latar belakang pendidikan, kompetensi guru, kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional

Article Details

Section
Articles