PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF: PADA KETERAMPILAN MENJAHIT DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA (PSBR) BAMBU APUS, JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.24853/instruksional.3.2.149-152Kata Kunci:
Non-Formal Education, Mobile Learning, Independent Learning, Pendidikan Non-Formal, Pembelajaran MandiriAbstrak
ABSTRACTThis study aimed to collect valid and invalid data as to whether there is the influence of self-learning-based mobile learning in enhancing cognitive abilities in sewing skills at the Children's Social Development of Youth. Research conducted at the Children's Social Development of Youth (PSBR) sewing skills to enhance the cognitive abilities adolescent built with media-based learning mobile learning. ABSTRAKTujuan Penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data yang sahih dan valid mengenai apakah terdapat pengaruh pembelajaran mandiri berbasis mobile learning dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada keterampilan menjahit di Panti Sosial Bina Remaja. Penelitian dilaksanakan di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) keterampilan menjahit guna meningkatkan kemampuan kognitif remaja binaan dengan media pembelajaran berbasis mobile learning.Referensi
Crescente, M. L., & Lee, D. (2011). Critical issues of m-learning: Design models, adoption processes, and future trends. Journal of the Chinese Institute of Industrial Engineers, 28(2), 111–123. https://doi.org/10.1080/10170669.2010.548856
Kukulska-Hulme, A., & Traxler, J. (2005). Mobile Learning: A handbook for educators and trainers. Routledge.
Sudjana, H. D. (2004). Pendidikan Non Formal. Falah Production.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta.
Suradika, A. (2000). Metode Penelitian Sosial. UMJ Press.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2022-04-27
Terbitan
Bagian
Articles