PENGEMBANGAN PERMAINAN DOMINO ANGKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDN PEGANGSAAN DUA 07

Isi Artikel Utama

Dinda Nevada
Dirgantara Wicaksono

Abstrak

Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika di SDN Pegangsaan Dua 07 adalah guru kesulitan dalam membuat media pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas diperoleh keterangan bahwa kurangnya guru dalam menggunakan media pembelajaran tersebut dipengaruhi karena kurangnya ide dalam pembuatan media pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan Domino Angka sebagai media pembelajaran untuk melatih keterampilan operasi hitung perkalian yang valid dan efektif. Prosedur penelitian pengembangan dilaksanakan dengan mengacu model pengembangan ADDIE meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data penelitian diperoleh berupa data skor validasi produk. Data skor validasi produk diperoleh dari validator melalui angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah melalui proses validasi produk oleh ahli diperoleh skor rerata 86,00% yang berarti sangat baik. Namun masih terdapat kelemahan produk yaitu dalam pemilihan kertas, seharusnya kertas yang dipilih mudah untuk ditemukan seperti kertas Dove. Keefektifan media ditandai dengan hasil angket siswa dan guru dengan ketuntasan mencapai 90% setelah siswa menggunakan permainan Domino Angka sesuai dengan prosedur permainan sesuai dengan spesifikasi produk. Dengan demikian pengembangan media telah mencapai hasil yang valid dan efektif. Peneliti menyarankan kepada guru dan siswa kelas IV untuk dapat menggunakan permainan Domino Angka sesuai dengan spesifikasi produk dalam melatih keterampilan operasi hitung perkalian pada siswa.
Kata Kunci: pengembangan permainan, Domino Angka, media pembelajaran

Rincian Artikel

Bagian
Articles