ASESMEN NASIONAL DAN RAPOR PENDIDIKAN SERTA PEMANFAATANNYA UNTUK PERENCANAAN BERBASIS DATA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret masukan, proses dan hasil pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan secara terperinci mengenai program Merdeka Belajar yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Asesmen Nasional sudah mulai berjalan untuk tahun kedua, dan hasilnya dilaporkan dalam platform Rapor Pendidikan. Hasil Asesmen Nasional pertama tahun 2021 sebagaimana terlihat dalam Rapor Pendidikan secara nasional menunjukkan 1 (satu) dari 2 (dua) perserta didik belum mencapai kompetensi minimum litersi. Kemudian secara nasional ada 2 (dua) dari 3 (tiga) peserta didik yang belum mencapai kompetensi minimum numerasi. Aspek iman, taqwa, akhlak dan kreativitas terlihat menonjol, namun aspek lingkungan membutuhkan perhatian dan perbaikan. Pemerintah RI sudah meluncurkan kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan hasil penilaian dalam Rapor Pendidikan berkaitan dengan bantuan pendanaan, program-program penggerak dan pelibatan masyarakat dalam pendidikan pengajaran, kurikulum merdeka dan kemerdekaan memilih kurikulum. Lebih lanjut, berbasiskan data Rapor Pendidikan maka diberikan rekomendasi perencanaan-perencaanan mendasar untuk perbaikan di tingkat satuan pendidikan yang juga berprinsip kemerdekaan bagi satuan pendidikan apakah akan menggunakan rekomendasi tersebut secara penuh ataupun memodifikasinya ataupun tidak menggunakannya sama sekali dan membuat perencanaan mandiri berbasis data rapor pendidikan.
Kata kunci: merdeka belajar, asesmen nasional, rapor pendidikan, perencanaan, data
Kata kunci: merdeka belajar, asesmen nasional, rapor pendidikan, perencanaan, data
Rincian Artikel
Bagian
Articles

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.