PERANCANGAN MODEL KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DALAM AKTIVITAS ORGANISASI KEROHANIAN SEKOLAH MENENGAH ATAS

Haryasena Panduwiyasa, Iphov Kumala Sriwana, Luciana Andrawina

Abstract


Learning loss dan berkurang nya kompetensi dialami oleh anggota Organisasi Rohani Islam (Rohis) di SMA XY akibat pandemi yang melanda Indonesia dalam dua tahun terakhir. Permasalahan ini timbul akibat dari adanya kesenjangan atas tacit dan explicit knowledge, dari satuan pendidik intra sekolah, yakni Koordinator IMTAQ dan pembina, terhadap anggota Rohis, serta renggangnya hubungan fasilitator eksternal selama masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang pemodelan knowledge management system berbasis KM Triad dan SECI model yang meliputi elemen people, process, dan technology. Metodologi Soft System digunakan dalam penelitian sebagai kerangka pemodelan yang dibangun berdasarkan analisis CATWOE Holon yang ditemukan dalam setiap kasus permasalahan yang dialami oleh organisasi Rohis SMA XY. Hasil dari penelitian ini adalah rancang bangun model konsep dari Knowledge management system yang dapat mengatasi learning loss berkepanjangan pada organisasi Rohis SMA XY pasca pandemi.


Keywords


Knowledge Management System, Soft System Methodology; CATWOE; SECI; Da'wah Organization

Full Text:

PDF

References


Alifuddin, M., Chaer, M. T., & Sukatin, S. (2021). Mitigation-Based Enlightenment Da’wah (Social Movement of MDMC Sulawesi-Southeast in Psychological Assistance to COVID-19 Survivors). International Journal of Islamic Educational Psychology, 2(1).

Andrawina, L., Kurniawati, A., & Hediyanto, U. Y. K. S. (2014). RANCANGAN FRAMEWORK KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK PENGELOLAAN PARKIR BERDASARKAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TRIAD. Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri, 1(01).

Antunes, H. de J. G., & Pinheiro, P. G. (2020). Linking knowledge management, organizational learning and memory. Journal of Innovation and Knowledge, 5(2).

Arif, M., & Lessy, Z. (2020). Empowerment in Islamic Schools in Yogyakarta and Sydney. Journal of International and Comparative Education, 9(1), 15–27.

Cebrián, G., Junyent, M., & Mulà, I. (2020). Competencies in education for sustainable development: Emerging teaching and research developments. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 12, Issue 2).

Checkland, P. (2000). Soft systems methodology: a thirty year retrospective. Systems Research and Behavioral Science, 17(S1).

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic.

Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17).

Farid, A. (2015). Model Bimbingan Konseling Islam Anwar Sutoyo Dalam Mengatasi Kenakala Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2).

Gamble, J. R. (2020). Tacit vs explicit knowledge as antecedents for organizational change. In Journal of Organizational Change Management (Vol. 33, Issue 6).

Hermawan, M. A. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Karyawan PT. Indokom Samudra Persada). Skripsi Fakuktas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hizriyani, R. (2019). IMPLEMENTASI PEREMPUAN TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. AL-WARDAH, 12(1).

Jap, T. B., Lusiana, F., Larasati, K., & Tiatri, S. (2021). PENJAJAKAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PENGETAHUAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1).

Nonaka, I., & Lewin, A. Y. (1994). A Dynamic Theory of Organizational Knowledge Creation Dynamic Theory Knowledge of Organizational Creation. International Journal of Technology Management, August 2015.

Pretel-wilson, M. (2020). The Neo-Cybernetic Synthesis Annex II : The Neo-Cybernetic Synthesis (Issue November).

Reisig, P., & Vorbeck, J. (n.d.). Knowledge Management.

Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. In Journal of Autoimmunity (Vol. 109).

Salavati, S., Mirijamdotter, A., Elm, P., & Perez, M. (2021). Coordinated ssm: An adaptation of the SSM learning cycle. Systems, 9(3).

Salsabila, F. D., Nuraini, C. R., & Ilmanta, R. A. (2020). Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Siswa di Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Kkn.Unnes.Ac.Id, 4.

Sujiyanto, H., & Febrianingsih, D. (2020). Peran Ekstrakurikuler Rohis dalam Penanaman Sikap Beragama Siswa MAN 2 Ngawi Jawa Timur. Journal of Islamic Education, 5(2).

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5).

Syahrani Syam1, Jamaluddin2, S. S. (2021). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMPN 22 Makassar. Eprints.Unm, 3(87).

Umar, L. M., & Mochamad Nursalim. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Watson, R. B. (2012). Suggestions for New Application Areas for Soft Systems Methodology in the Information Age. Systemic Practice and Action Research, 25(5).

Zuniawan, A., & Sriwana, I. K. (2019). HANDLING OF COAL DUST AT COAL HANDLING FACILITY IN COAL POWER PLANT USING SOFT SYSTEM METHODOLOGY (SSM) APPROACH. SINERGI, 23(3).




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.10.1.67-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ