UPAYA MEMPERBAIKI PROFITABILITAS PERUSAHAAN dengan MENEKAN BIAYA dan MENAIKAN PENJUALAN di PT ZAMASCO MITRA SOLUSINDO
DOI:
https://doi.org/10.24853/jisi.2.2.55-62Abstrak
PT Zamasco Mitra Solusindo adalah sebuah perusahaan yang memproduksi software. Perusahaan ini berdiri pada akhir tahun 2012. Pada tahun 2013 dan 2014 profitabilitas PT Zamasco Mitra Solusindo sangat rendah bahkan sampai minus yang dikarenakan pendapatan yang didapat lebih kecil dari biaya yang dikeluarkan. Maka dari itu PT Zamasco Mitra Solusindo ingin memperbaiki profitabilitas perusahaan. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam memperbaiki profitabilitas adalah dengan menekan / menurunkan biaya yang dikeluarkan dan menaikan penjualan. Untuk menekan biaya yang dikeluarkan perusahaan melakukan beberapa tahap proses perbaikan yaitu mengidentifikasi biaya apa saja yang dapat ditekan kemudian melakukan penekanan biaya tersebut. Penekanan biaya dilakukan dengan beberapa cara yaitu merekrut tenaga ahli yang sebelumnya freelance menjadi karyawan tetap, melakukan perhitungan komisi pelanggan sesuai nilai pembeliannya yang sebelumnya komisi dikeluarkan hanya keputusan antara direktur dan pembeli atau pelanggan, kemudian membuat anggaran entertain untuk pemakai produk bukan untuk semua karyawan perusahaan pelanggan. Untuk menaikan penjualan perusahaan melakukan perbaikan dengan merancang konsep pemasaran yang sebelumnya belum ada dan membuat strategi promosi. Konsep pemasaran dan strategi promosi dibuat berdasarkan data kuesioner pelanggan dan calon pelanggan. Kuesioner pelanggan mengenai mutu perangkat lunak dan kuesioner calon pelanggan mengenai pengetahuan mengenai perangkat lunak.Setelah dilakukan perbaikan selama ± 3 bulan, didapatkan perubahan profitabilitas. Profitabilitas tersebut naik dan bila dipersentasekan sebesar 48,72% yang awalnya adalah 34,17%. Kenaikan tersebut belum terlalu signifikan namun sudah menunjukkan hasil dari perbaikan tersebut. Dari sisi konsep pemasaran dan strategi promosi selama perbaikan didapatkan hasil jumlah penawaran yang dibuat sebanyak 22 penawaran yang sebelum perbaikan hanya berjumlah 4 penawaran selama 3 bulan.Referensi
Agnes Niken Nopitasari, Analisis Penagruh Kepuasaan Pelanggan terhadap Peningkatan Penjualan , 2011
Dermawan Wibisono. Manajemen Kinerja Korporasi & Organisasi, 2011. Penerbit Erlangga
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani A.2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua. Jakarta : Salemba Empat
Ni Made Sita Wedarini , Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasaan Pelanggan.
Perdana, Anindya I Gede. 2010. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.
Suprapto, Merancang Kuesioner , 2011..
Sofjan Assauri, Strategic marketing , 2012.1246 RAJ
Tjiptono, F.2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
COPYRIGHT POLICY
The author(s) of an article published in the JISI UMJ retains ownership of the intellectual property rights in work (s).
PUBLISHING RIGHTS
The author(s) of an article published in the JISI UMJ have unrestricted publication rights. The authors give the JISI UMJ the right to publish the article and designate the Industrial of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta Publishing as the original publisher of the article.
LICENSING POLICY
Journal of Industrial Engineering and Sciences is an open-access journal that follows the Creative Commons Non-Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0), which states that:
Under this license, the reusers must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Users may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses users or their use.
Please take the time to read the whole license agreement (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/). As long as reusers follow the license conditions, the owner cannot withdraw these freedoms. The following components are included under this license:
Attribution: Users must provide appropriate attribution, including a link to the license, and indicate whether or not they made any modifications. Users are free to do so reasonably, but not in a manner that indicates the licensee approves of their usage.
NonCommercial: Users may not use the material for commercial purposes.