PERANCANGAN PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN HOTEL XYZ MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Ilham Hadyan, Sari Wulandari, Rio Aurachman

Abstract


Saat ini industri pariwisata memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satu wilayah yang memiliki potensi untuk industri pariwisata di Indonesia adalah wilayah Bandung. Hotel XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di dalam bidang jasa perhotelan di Bandung yang merupakan Hotel berbintang dua dengan taglineWhere Budget Meet Comfort” dimana tagline tersebut menginterpretasikan bahwa ini masih ke dalam kategori hotel budget dengan harga terjangkau. Namun, Hotel XYZ mengalami masalah dengan revenue yang tidak sesuai dengan target yang ditetapkan, khususnya pada bagian “room”. Hal ini terindikasi karena kualitas layanan yang kurang baik pada Hotel XYZ berdasarkan guest comment hotel dan nilai review di OTA (Online Travel Agent). Oleh karena itu, Hotel XYZ Akan melakukan pengembangan untuk peningkatan kualitas pada layanannya.Tujuan dan hasil dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi untuk meningkatakan kualitas layanan yang didasari oleh sebelas true customer needs. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quality Function Deployment (QFD). QFD adalah salah satu metode yang berfungsi untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan dalam karakteristik produk dimana metode ini mempertimbangkan kapabilitas perusahaan untuk mengimplementasikannya.


Keywords


True customer needs, Quality Function Deployment, House of Quality, Part Deployment

Full Text:

PDF

References


Chang, K.-C., & Chen, M.-C. (2011). Applying The Kano Model and QFD to Explore Customer Brand's Contacts in The Hotel Business : A Study of Hot Spring Hotel. Total Quality Management & Business Excellent, 3.

Cohen, L. (1995). Quality Function Deployment: How to Make QFD Work for You. Massachusetts: Addison Wesley Publishing Company.

Hidayati, E. D. (2017). Analisis Kebutuhan dan Perancangan Layanan Jasa Penginapan Hotel XYZ Menggunakan Integrasi SERVQUAL, Model Kano dan Service Blue Print.

Izwaan, M. S. (2012). The Effectiveness of Integrating Kano Model and Servqual into Quality Function Deployment (QFD) for Developing Training Couses Model. Journal of WEI Business and Economics.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.

Poerwanto, E. (2015, May 14). Retrieved October 5, 2016, from bisniswisata.co.id: http://bisniswisata.co.id/apbn-2014-pariwisata-sumbang-rp347-triliun/

Rahmana, A., Kamil, M., Soemantri, E., & Olim, A. (1997). Integration of SERVQUAL and KANO Model Into QFD to Improve Quality of Simulation-Based Training on Project Management. International Journal of Basic and Applied Science.

Sasongko, A. (2012, September 3). NEWS. Retrieved October 7, 2016, from republika.ac.id: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/09/03/m9s4zb-menginap-murah-pilih-saja-hotel-budget

Tan, K. C., & Pawitra, T. A. (2001). Integration SERVQUAL and Kano's model into QFD for service excellent development. Managing Service Quality: An International Journal.

Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2012). Product Design and Development Product Design and Development.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.5.1.31-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ