PENENTUAN RUTE ARMADA PENGIRIMAN PT.AAA MENGGUNAKAN ALGORITMA TWO-PHASE TABU SEARCH PADA VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH HETEROGENEOUS FLEET AND TIME WINDOWS UNTUK MENGATASI KETERLAMBATAN PENGIRIMAN

Punto Aji Wardhana, Rio Aurachman, Budi Santosa

Abstract


PT.AAA merupakan perusahaan yang memproduksi cat kayu, cat tembok, cat batu, pelitur, dan thinner yang mempunyai gudang distribusi atau yang dijadikan sebagai DC untuk kegiatan distribusi. PT. AAA mempunyai layanan pengiriman produk ke pelanggan dengan menggunakan armada sendiri untuk pelanggan di Pulau Jawa. Penentuan rute pengiriman produk dilakukan oleh operator berdasarkan sering atau biasa dilewati oleh armada bukan dengan perencanaan yang matang. Hal tersebut mengakibatkan sejumlah keterlambatan pengiriman bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan usulan rute pengiriman produk ke pelanggan khususnya untuk daerah Karesidenan Surakarta dengan menggunakan Algoritma Two-Phase Tabu Search untuk mengurangi jumlah keterlambatan pengiriman produk. Adapun hasil dari penelitian ini adalah urutan rute dan kendaraan yang digunakan untuk melakukan pengiriman produk. Hasil perhitungan dari penelitian ini adalah memberikan usulan urutan rute pengiriman untuk armada pengiriman dengan jarak tempuh sebesar 22,51% lebih kecil dibandingkan urutan rute pada kondisi awal. Jarak tempuh tersebut berkurang dari 938,93 km menjadi 727,516 km. Akibat dari pengurangan jarak tempuh tersebut, maka rata-rata keterlambatan pengiriman produk ke pelanggan berkurang menjadi empat lokasi untuk setiap harinya.


Full Text:

PDF

References


Branch, A. E. 2009. Global Supply Chain Management and International Logistics. New York: Routlegde.

Crainic, T. G., & Laporte, G. 1998. Fleet Management and Logistics. London: Kluwer Academic Publisher.

Jiang, J., Ng, K. M., Poh, K. L., & Teo, K.

M. 2014. Vehicle Routing Problem with a Heterogeneous Fleet and Time Windows. Expert Systems with Application, 3748- 3760.

Kartikasari, Damayanti, D. D., & Santosa, B. (t.thn.). Perancangan Rute dan Penugasan Kendaraan Pada Pendistribusian Produk di PT. XYZ untuk Meminimasi Total Biaya Transportasi Menggunakan Algoritma Genetika.

Lu, D. D. 2011. Fundamentals of Supply Chain Management. Frederikesberg: Ventus Publishing Aps.

Muttaqin, P. S., Ridwan, A. Y., & Santosa,

B. (t.thn.). Penentuan Rute Armada di PT. XYZ Menggunakan Algoritma Tabu Search pada Heterogeneous Fleet Vehicle Routing Problem with Time WIndow untuk Meminimasi Jarak dan Biaya Transportasi.

Pradenas, L., Oportus, B., & Parada, V. 2013. Mitigation of greenhouse gas emissions in vehicle routing problems with backhauling. Expert Systems with Applications, 2985-2991.

Suyanto. 2010. Algoritma Optimasi Deterministik atau Probabilistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tasan, A. S., & Gen, M. 2012. A genetic algorithm based approach to vehicle routing problem with simultaneous pick-up and deliveries . Computers & Industrial Engineering, 755-761.

Toth, P., & Vigo, D. 1998. Exact Solution of The Vehicle Routing Problem. Dalam T.

G. Crainic, & G. Laporte, Fleet Management and Logistics (hal. 1). Boston: Kluwer Academic Publishers.

Toth, P., & Vigo, D. 2014. Vehicle Routing Problems, Mehtods, and Applications . Bologna: Society for Industrial and Applied Mathematics and the Mathematical Optimization Society.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.6.2.135-143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ