ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER CASE A YANG OPTIMAL DI PT. ABC

Sambas Sundana, Yuniar Risdiyanti

Abstract


PT. ABC merupakan perusahaan industri manufaktur yang bergerak di bidang peralatan elektronik rumah tangga. PT. ABC seringkali mengalami keterlambatan sebanyak delapan kali dalam satu periode dengan target maksimum keterlambatan sebanyak lima kali dalam pengiriman barang terhadap bahan baku Case A oleh supplier. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apa saja kriteria dalam pemilihan supplier Case A serta berapa bobot setiap kriteria, siapa saja supplier terbaik untuk pemasok Case A di PT. ABC. Penelitian ini untuk menentukan supplier terbaik dengan cara pemilihan supplier berdasarkan kriteria dan subkriteria berdasarkan metode AHP dibantu dengan software expert choice dan TOPSIS. Penelitian ini menggunakan data berupa kuesioner yang berada dalam departemen purchasing, accounting, finance, dan quality control yang mengetahui kinerja supplier. Dari hasil penilaian tingkat kepentingan kriteria dalam pemilihan supplier dengan menggunakan metode AHP menghasilkan skala prioritas prioritas I harga (0,537), prioritas II pengiriman (0,304), prioritas III kualitas (0,189), prioritas IV pelayanan (0,109) dengan hasil perhitungan TOPSIS menghasilkan supplier potensial secara berurut adalah PT. KM, PT. DI, dan PT. TMS.


Full Text:

PDF

References


M. Sagar And D. Singh, “Supplier Selection Criteria: Study Of Automobile Sector In India,” Int. J. Eng. Res. Dev., 2012.

W. Yusnaeni, R. Ningsih, And T. Misriati, “Pemilihan Suplier Bahan Baku Dengan Metode Technique For Order Performance By Similarity To Ideal Solution(Topsis),” Semin. Nas. Sains Dan Teknol., No. November, Pp. 1–7, 2017.

A. Setiawan, “Implementasi Aplikasi Decision Support System Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (Ahp) Untuk Penentuan Jenis Supplier,” 2015.

L. Merry Et Al., “Pemilihan Supplier Buah Dengan Pendekatan Metode Analytical

Hierarchy Process (Ahp) Dan Topsis: Studi Kasus Pada Perusahaan Retail (Fruit Supplier Selection Using Analytical Hierarchy Process (Ahp) Method And Topsis: A Case Study In Retail Company),” J. Manaj. Dan Agribisnis, No. June, Pp. 48–58, 2014.

Pujawan Dan Erawan, Supply Chain Management, Edisi-2. Surabaya : Guna Widya Press, 2010.

Heizer Dan Render, Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat, 2010.

Saaty T.L, “Decision Making For Leaders : The Analytical Hierarchy Process For Decision In Complex World,” Rws Publication, Pittsburgh, 1983.

S. H. Kusumadewi, “Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy Madm),” Graha Ilmu Yogyakarta, 2006.

C.-L. Hwang And K. Yoon, “Concluding Remarks,” In Multiple Attribute Decision Making, 1981

.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.6.2.93-106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ