OPTIMASI DESAIN RANGKA SEPEDA BERBAHAN BAKU KOMPOSIT BERBASIS METODE ANOVA

Ahmad Yakub, Djoko W Karmiadji, Anwar Ilmar Ramadhan

Abstract


Pada dasarnya kriteria frame yang baik adalah memilki kekuatan dan kekakuan yang tinggi tetapi ringan dan mempunyai ketahanan terhadap korosi. Berdasarkan kriteria tersebut digunakanlah material komposit, dimana dapat diperoleh kriteria yang lebih baik dibandingkan dengan frame baja atau alumunium, Frame dapat dibuat lebih kuat dan ringan, tetapi yang lebih penting, desainer dapat mengontrol karakteristik pengendalian dan tidak dibatasi oleh penggunaan metal. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah menganalisa kondisi optimum desain rangka sepeda dengan metode Taguchi dan analisis ANOVA. Berdasarkan hasil analisis pengolahan data dengan kondisi desain optimum yg memberikan Tegangan Von Mises (MPa) yang besar adalah : A2  B2  C3 atau yang dilakukan perhitungan dengan kondisi desain menggunakan Seat Tube Angle sebesar 72o, dengan pergeseran Head Tube 0.2 mm dan beban pengendara sebesar 90 kg. Analisis perhitungan dengan ANOVA untuk mengetahui pengaruh masing-masing faktor terhadap perhitungan Tegangan Maksimum pada sepeda berbahan komposit, yaitu : Faktor A (Seat Tube Angle) sebesar 85% memiliki pengaruh yang sangat besar, dibandingkan dengan faktor C (Beban Pengendara) sebesar 10%, selanjutnya untuk faktor B (Pergeseran Head Tube) memiliki pengaruh 1%.


Keywords


rangka sepeda, komposit, metode taguchi, ANOVA

Full Text:

PDF

References


Aisah, N., dkk, 2004, Pembuatan Komposit Polimer Berpenguat Serat Sintetik Untuk Bahan Genteng, Jurnal Sains Materi Indonesia, Vol. 5 No 3

Batan, I. M. L., dkk, 2010, Rancang Bangun Rangka Fleksibel Dalam Upaya Optimasi Geometri Rangka Sepeda, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Chadry, R., 2011, Analisa Getaran Hasil Desain Sepeda Lipat dengan Pemodelan Software, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Padang, Padang

Ross, P. J., 1996, Taguchi Techniques for Quality Engineering. 2nd Edition. McGraw Hill. New York.

Maleque, M.A., and Dyuti, S., 2010, Materials Selection of A Bicycle Frame Using Cost Per Unit Property and Digital Logic Methods, International Journal of Mechanical and Material Engineering

Pramono, A., 2011, Komposit sebagai Trend Teknologi Masa Depan (Kajian Teori dan Aplikasi), Fakultas Teknik Metalurgi dan Material, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

Widodo, B., 2008, Analisa Sifat Mekanik Komposit Epoksi Dengan Penguat Serat Pohon Aren (Ijuk) Model Lamina Berorientasi Sudut Acak (Random), Jurnal Teknologi Technoscientia, Vol. 1 No 1

Tang, H. C., dkk, 2000, Fatigue Model For Fiber-Reinforced Polymeric Composites, Journal of Materials in Civil Engineering, Vol. 12 No 2.

http://id.wikipedia.org/wiki/sepeda. diunduh pada tanggal: 07 Januari 2013

http://id.wikipedia.org/wiki/sepeda_gunung. diunduh pada tanggal: 07 Januari 2013

http://material12-its.blogspot.com/2011/09/bahan-komposit.html, diunduh pada tanggal: 11 Januari 2013




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.8.1.17-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ