ANALISA KEAUSAN DAN FAKTOR KEAMANAN KELUAR REL PADA KERETA API LOKOMOTIF

Sri Anastasia Yudistirani, Ery Diniardi, Hasan Basri, Anwar Ilmar Ramadhan

Abstract


Kereta api dalam menjalankan fungsinya sebagai sarana teransportasi bergerak dari suatu tempat ketempat lainnya berjalan di atas jalan rel. Pada teknologi konvensional berupa teknologi dua rel sejajar, jalan rel berbentuk dari dua batang rel baja diletakkan di atas balok-balok melintang. Balok-balok melintang disebut bantalan. Dengan susunan dan tambatan yang demikian maka susunan dan struktur rel-bantalan-penambat rel menjadi suatu rangka yang kokoh.Untuk menjamin keamanan terhadap bahaya “keluar rel” sudut bidang kontak B minimal tidak boleh kurang dari 60o. Hal ini dipakai sebagai dasar untuk menentukan norma-norma pembatasan aus rel dengan “Faktor keamanan keluar rel” adalah angka perbandingan antara “U” dan “V”, yang disingkat dengan huruf “n”Harga “n” , yaitu menunjukan harga “faktor keamanan keluar rel ” Harga H/Q, yaitu angka perbandingan antara gaya arah “horizontal” (H) dan besarnya tekanan roda (Q). Bahwa aus yang berlebihan dan perubahan bentuk pada batang rel itu desebabkan oleh terjadinya slip di tempat dalam tempo yang cukup lama, biasanya terjadi slip di tempat sehingga kereta tidak bias bergerak maju disebabkan karena pembebanan berat rangkaian kereta api yang melampaui batas keausan dari rel tersebut.Jadi pada analisa ini dapat dilakukan perhitungan atau mengetahui jalan rel licin (jalan basah ), pada saat kereta api berjalan pada kecepatan tinggi atau kecepatan rendah. Hal ini dapat ditentukan oleh fmax, dari perhitungan dan melalui grafik maka diambil fmax = 0.25 dengan “n” = 2.


Keywords


kereta api, aus rel, faktor keamanan keluar rel

Full Text:

PDF

References


Adityadharma, C., Joewono, T. B., & Santosa, W. (2004). Kajian Sistem Manajemen Pemeliharaan Jalan Rel Daerah Operasi 2 Bandung: Studi Kasus Distrik 23c Kiaracondong. Jurnal Transportasi, 4(1).

Amin, F., & Prayogi, E. (2020). Analisis Pengaruh Korugasi pada Lengkung Lintas Stasiun Fatmawati terhadap Ride Index dan Usia Pakai Rel. jurnal of admiration, 1(4), 329-343.

Diniardi, E., Ramadhan, A. I., Mubarok, R., & Basri, H. (2015). Analysis of mechanical properties connecting rod bolts outboard motor FT50CEHD. International Journal of Applied Science and Engineering Research, 4(5), 665-670.

Diniardi, E., Nelfiyanti, N., Mahmud, K. H., Basri, H., & Ramadhan, A. I. (2019). Analysis of the Tensile Strength of Composite Material from Fiber Bags. Journal of Applied Sciences and Advanced Technology, 2(2), 39-48.

Diniardi, E., Setiawan, B., & Ramadhan, A. I. (2019). Fatigue Analysis Aluminium 6063-TF on the Rotary Bending Testing Machine. Journal of Applied Sciences and Advanced Technology, 2(1), 7-12.

Diniardi, E., Ramadhan, A. I., & Basri, H. (2014). Analisis Kekuatan Mekanik Dan Struktur Mikro Pada Material Polimer Penyusun Kipas Radiator. Jurnal Teknologi, 6(1), 55-67.

Fistcar, W. A. (2021). Study of Concrete Bearing Behavior for 1067 mm Track Width with Variation in Track Quality Index (TQI) Values. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 5(1), 12-12.

Jaya, F. H., & Miswanto, M. (2019). Evaluasi Struktur Atas Komponen Jalan Rel Berdasarkan Passing Tonnage (Studi Kasus: Jalan Rel Lintas Tanjung Karang–Bekri). TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil, 8(1), 33-45.

Mahmud, K. H., Yudistirani, S. A., Diniardi, E., & Ramadhan, A. I. (2020). Hardness Analysis of Bearing on Heat Treatment Process. Journal of Applied Sciences and Advanced Technology, 2(3), 59-64.

Putri, F. I. (2014). Rekam Jejak Kerusakan Traksi Motor Lokomotif untuk menentukan Interval Waktu Penggantian Komponen berdasarkan Keandalan (Reliabilitas). Jurnal Teknik Mesin, 2(02).

Rahardja, I. B., Rahdiana, N., Mulyadi, D., Al Afghani, A., & Ramadhan, A. I. (2020). Analisis Pengaruh Radius Bending Pada Proses Bending Menggunakan Pelat Spcc-Sd Terhadap Perubahan Struktur Mikro. Jurnal Teknik Mesin Mechanical Xplore, 1(1), 1-10.

Sari, W. N., Nadi, M. A. B., & Ridho, A. M. (2021). Perencanaan Geometri Jalan Rel Trase Bakauheni-Sidomulyo. Journal of Science and Applicative Technology, 5(1), 148-157.

Sukarman, S., Anwar, C., Rahdiana, N., Khoirudin, K., & Ramadhan, A. I. (2020). Analisis Pengaruh Radius Dies Terhadap Springback Logam Lembaran Stainless-Steel Pada Proses Bending Hidrolik V-Die. Jurnal Teknologi, 12(2), 123-132.

Surasno, S., & Tjahjohartoto, B. (2019). Analisa Kegagalan Dongkrak Rel Kereta Api Kapasitas 10 Ton. Jurnal Teknologi Bahan dan Barang Teknik, 4(1), 35-42.

Usworo, R. F. W., Hartono, A. S., & Pratama, U. (2019). Optimalisasi Perawatan Terhadap Guna Meminimalisir Gangguan Terhadap Lokomotif CC 203 Di Daop 2 Bandung. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 3(2).

Yakub, A., Karmiadji, D. W., & Ramadhan, A. I. (2016). Optimasi Desain Rangka Sepeda Berbahan Baku Komposit Berbasis Metode Anova. Jurnal teknologi, 8(1), 17-22.

Yudistirani, S. A., Mahmud, K. H., & Diniardi, E. (2021). Stamping Disability Analysis on Material SPC 270 E. Journal of Applied Sciences and Advanced Technology, 3(3), 75-80.

Zakaria, L. (2021). Perbandingan Kinerja Jarak Pengereman Blok Rem Berbahan Metalik Dan Komposit Pada Kereta Api. Jurnal TEDC, 15(1), 113-124.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.13.2.209-216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor