MAKNA SAMPUL ALBUM “MISTERIA” GRUP MUSIK GOODNIGHT ELECTRIC (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Alfathan Putut Panggiring, Oktaviana Purnamasari

Abstract


Grup musik Goodnight Electric didirikan pada tahun 2003 dengan label musik indie dan genre pop elektronik. Pada tahun 2019-2020 Goodnight Electric menggagas album terbaru mereka, Album Misteria, yang menjadi album pembeda dari album lainnya. Sampul album juga memiliki elemen desain yang cukup unik, sehingga menarik untuk diulas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos pada cover Album Misteria. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes yang memiliki tiga tingkat signifikansi yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, serta metode dalam penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dengan dua sumber. Hasil yang diperoleh dari tingkat denotasi yaitu pada cover Album Misteria terdapat penggunaan logo pada Album Misteria, foto personel Goodnight Electric, kata Misteri, warna background cover album, dan garis gelombang. Pada tataran konotasi, Goodnight Electric memiliki harapan baru untuk masa depan melalui update yang dilakukan, dalam kondisi saat ini GE juga memiliki rasa optimisme yang tinggi untuk dapat selalu menghasilkan karya-karya yang menarik dan dapat diterima oleh pecinta musik indi. Pada tataran mitos, genre musik psychedelic negatif bisa menjadi karya musik yang menarik jika dilihat dari sisi positifnya, seperti yang dilakukan grup musik Goodnight Electric dalam Album Misteria.


Keywords


Semiotika; Musik; Roland Barthes; Misteri

Full Text:

PDF

References


Christy, Priscilla dan Ellyawati. (2015). Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) Pada Impulsive Buying. Jurnal Ekonomi Manajemen. Vol. 1. No. 14

Desniati, Avi. (2017). Analisis Semiotika Sampul Album Abbey Road Dari Band The Beatles. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas. Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Dienhaq dan Patria. (2021). Inspirasi Gaya Seni Psychedelic Pada Perancangan Cover Single Terbaru Musisi ‘Yamamiartha’. Junal Barik. Vol. 2. No. 3.

Lararenjana, Edelweis. (2020). “Psikologi Warna Biru” https://www.merdeka.com/jatim/mengenal-arti-warna-biru-menurut-psikologi-ketahui-fakta-uniknya-kln.html. Diakses pada 30 juli 2021. Pukul 02.50 WIB.

Larasati. (2020). Pemaknaan Iklan Rokok Sampoerna A Mild Go Ahead “Belum Pinter Kalo Belum Komen” Versi “Bukan Main” Di Billboard. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Maret, Esra Dopita. (2021). “Pilihan Warna Ruangan Berdasarkan Genre Musik Favorit”. https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/22/133000976/7-pilihan-warna-ruangan-berdasarkan-genre-musik-favorit?page=all. Diakses pada 3 Agustus 2021. Pukul 17.30 WIB.

Monica dan Luzar, Laura Christina. (2011). Efek Warna Dalam Dunia Desain dan Periklanan. Binus Journal Publsihing. Vol. 2. No. 2.

Pratiwi dan Wedananta. (2019). Komunikasi Interpersonal Dalam Kelompok Mahasiswa Mengenai Gaya Psychedelic di Bali. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. Vol. 3. No. 1.

Purbasari, Mita dan Jakti, R.A. Diah Resita I. K. (2014). Warna Dingin Si Pemberi Nyaman. Binus Journal Publishing. Vol. 5. No. 1.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zhafira, Alya. (2020). Peran Public Relations Dalam Mempertahankan Citra PT. Media Telvisi Indonesia (Metro TV) (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan PR Dalam Bentuk CSR Pelatihan Jurnalistik di Pondok Pesantren Ummul Qura). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ