AKTIVITAS KOMUNIKASI ANGGOTA MAHASISWA PECINTA FOTOGRAFI ANALOG DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI)

Anggita Candra Adnaneswari, Nani Nurani Muksin, Linka Azzahra, Reidhia Salsabila Diyu

Abstract


Mahasiswa Pecinta Fotografi (MPF) Analog salah satu organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan berbagai program serta aktivitas keorganisasiannya, sebagai organisasi kampus yang cukup aktif dengan kegiatannya di media sosial, khususnya instagram menjadi media yang sangat banyak digunakan untuk perkembangan dan kemajuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh anggota MPF Analog di media sosial Instagram dalam menyebarkan informasi dan kegiatan positif serta bermanfaat lainnya yang bertujuan untuk melancarkan setiap program yang diadakan oleh MPF Analog. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian etnografi virtual kualitatif dengan metode studi literatur, yang dilakukan dengan mengumpulkan data isi konten media sosial, platform media sosial, dan juga mengkaji buku-buku atau sumber bacaan seperti jurnal. Pada penelitian ini, menganalisis berdasarkan sumber yang memiliki relevansi dengan penelitian yang dilakukan yaitu isi konten terkait aktivitas komunikasi anggota MPF Analog di media sosial Instagram MPF Analog. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi instagram di MPF Analog sendiri memiliki banyak keunggulan baik secara internal maupun eksternal organisasi. Untuk menunjang keorganisasian MPF Analog memiliki media yang cukup aktif untuk keperluan organisasi, dan instagram menjadi media yang sangat membantu dalam berbagai aktivitas yang dilakukan. Optimalisasi di media sosial seperti instagram tentunya memiliki banyak dampak positif dalam keorganisasian

Keywords


Analog; Fotografi; Komunikasi; Media Sosial Instagram

Full Text:

PDF

References


Annatasya. 2021. ”Perkembangan Fitur Instagram 11 Tahun, Apa Saja?”, dalam https://minews.id/gaya- hidup/perkembangan-fitur-instagram-selama-11-tahun-apa-saja diakses 7 Juli 2023.

Anshori, Dadang S. 2017. Etnografi Komunikasi: Perspektif Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.

Damayanti, Rini. 2018. “Diksi dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram”, dalam Jurnal Widyaloka IKIP Widya Darma Volume V No 3, halaman: 262.

Fitra, Khadijah Shahnaz. 2023. ”Paling Populer, Pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia Merangkak Naik”, (diakses 7 Juli 2023).

Habibi, Mulkan, Nani Nurani Muksin, Donny Kurniawan, and Adetya Perdanaraya. 2022. “Komunikasi Politik Kepala Daerah Di Media Sosial ( Studi Pada Akun Facebook Anies Baswedan , Ridwan Kamil Dan Ganjar Pranowo ) Political Communication of Regional Heads on Social Media ( A Study of Anies Nani Nurani Muksin Adetya Perdanaraya.” Potret Pemikiran 26 (2): 164–90.

Hidayat, Muh. Taufik. 2020. ”Berdakwah di Media Sosial”, dalam Jurnal Osf.io.

Nasrullah, Rulli. 2017. Etnografi Virtual. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pohan, Desi Damayani; dan Fitria, Ulfi Sayyidatul. 2021. ”Jenis Jenis Komunikasi”, dalam Cybernetics: Journal Educational Research and Social Media Studies Volume II Nomor 3, halaman 31-32, 34-35.

Rafiq, A. 2020. ”Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat”, dalam Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Volume III Nomor 1, halaman 20.

Sidik, Adi Permana; dan Sanusi, Nunung. 2019. ”Pola Komunikasi di Media Sosial (Studi Etnografi Pada Mahasiswa USB YPKP)”, dalam Jurnal Common Volume III Nomor 1.

Sunarwan, Bambang. 2015. ”Aktifitas Komunikasi dan Media Sosial (Survai Pola Komunikasi Masyarakat DKI Jakarta Melalui Social Network Sites)” dalam Jurnal Studi dan Komunikasi dan Media Volume 19 Nomor 1.

Syarifuddin; dan Djaffar, Rahmawati. 2022. ”Pola Komunikasi Publik di Era Digital”, dalam JASIMA: Jurnal Komunikasi Korporasi dan Media Volume III Nomor 2.

Sufyan, Izeldin Khalid. 2023. ”Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Tahun 2023 Menurun Sebesar 12,57% Dibandingkan Tahun Sebelumnya” (diakses 7 Juli 2023).




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.2.2023.77-85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ