MANAJEMEN PROGRAM DAN DIGITALISASI RRI PRO 3 DALAM MENYAMPAIKAN PESAN-PESAN PEMBANGUNAN

Anisa Fathuniyah, Sopian Sopian

Abstract


Persaingan ketat dalam industri media global dan digital, terutama dalam upaya mempertahankan audiens dan mendapatkan iklan, memerlukan strategi yang tepat. Khususnya dalam industri penyiaran, seperti stasiun radio, adaptasi terhadap perubahan sosial, teknologi, dan sumber daya manusia sangat penting. Beberapa penelitian terdahulu telah mencoba menjelaskan berbagai aspek dalam upaya mempertahankan minat pendengar, eksistensi radio, inovasi penyiaran, dan manajemen di era digital. Namun, ada kekosongan dalam penelitian terkait manajemen program dan digitalisasi pada Radio Republik Indonesia (RRI) Programa 3 (RRI Pro3) serta pesan-pesan pembangunan yang disiarkannya. Penelitian ini dilakukan karena RRI Pro3 memiliki peran unik dalam memberikan informasi edukasi yang "serius" dan karena programnya berorientasi pada pesan-pesan pembangunan yang penting untuk perubahan sosial yang positif. Selain itu, jangkauan siaran yang luas dan persaingan dengan stasiun radio swasta menambah kompleksitas tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini menggunakan grounded theory untuk mengembangkan konsep-konsep baru dalam manajemen program, dengan berfokus pada penggunaan platform digital/internet. Komunikasi pembangunan tetap penting untuk disiarkan oleh rri pro3, mengingat peran pemerintah dalam pembangunan di berbagai sektor.


Keywords


Manajemen; Program; Pesan Pembangunan; RRI Pro 3

Full Text:

PDF

References


A, Hafidz Mubarak. 2016. “RRI Luncurkan Jaringan Berita Nasional Pro3.” Antara News. 2016.

Cangara, Hafied. 2020. Komunikasi Pembangunan : Telaah Untuk Memahami Konsep, Filosofi, Serta Peran Komunikasi Terhadap Pembangunan Dan Pembangunan Komunikasi Dalam Era Digital. Depok: Rajawali Pers.

Creswell, John W. 2015. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uchajana. 1990. Radio Siaran Teori Dan Praktek. Bandung: Mandar Maju.

Eisenhardt, Kathleen M. 1989. “Building Theories from Case Study Research.” Academy Management 14 (4): 532–50.

Faisal, Abdu. 2020. “Selain Itu RRI Pro 3 Juga Meraih Penghargaan Khusus Sebagai Radio Peduli Pandemi.” Antara Sultra. 2020.

Faizah, Nurul. 2015. Transformasi RRI Dalam Era Konvergensi Media. Jakarta: Lembaga Penyiaran Publik RRI.

Indonesia, Republik. 2002. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran.” In Sekretariat Negara. Jakarta.

Ismed, Mohammad. 2020. “Perubahan Dan Inovasi Media Radio Di Era Digital.” Mediasi 1 (2): 92–102. https://doi.org/10.46961/mediasi.v1i2.37.

Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia. 2020. Rencana Strategis LPP RRI 2020 - 2024. Jakarta: Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia.

Maharani, Dwi. 2021. “Strategi Rri (Radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digitalisasi Penyiaran.” Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan 4 (1): 1–11.

McPhail, Thomas L. 2009. Development Communication Reframing the Role of Media. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 248. United Kingdom: Wiley-Blackwell.

Pramono, Muhamad Fajar. 2016. “Komunikasi Pembangunan Dan Media Massa Suatu Telaah Historis, Paradigmatik Dan Prospektif.” ETTISAL Journal of Communication 1 (1): 41.

Putri. 2018. “Pro 3 RRI Raih Pencapaian.” InfoPublik. 2018.

R, Tri Hastuti Nur, and Taufan Pamungkas MJ. 2017. “Pandangan Dan Harapan Khalayak Terhadap RRI Jayapura : Sebuah Riset Audiens.” Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi 6 (1): 24–41.

Servaes, Jan. 2020. Handbook of Communication for Development and Social Change Singapapore. Springer Singapore.

Suskarwati, Sri Ulya. 2019. “Koevolusi Radio Berita Rri Pro3 Pada Program Indonesia Menyapa.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 18 (2): 131–41. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.922.

Wahyuni, Rizky. 2021. “Menyiapkan Indonesia Cerdas Menghadapi Digitalisasi Penyiaran.” Kpi.Go.Id. 2021. https://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/16-kajian/36189-menyiapkan-indonesia-cerdas-menghadapi-digitalisasi-penyiaran.

Zahara, Evi. 2018. “Peranan Komunikasi Dalam Pembangunan Masyarakat Pedesaan.” Jurnal Warta Edisi.




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.2.2023.31-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ