IMPLEMENTASI SEMBILAN ELEMEN JURNALISME BILL KOVACH DAN TOM ROSENSTIEL PADA BERITA MEDIA ONLINE

Latif Fianto, M. Abdul Ghofur, Fathul Qorib

Abstract


Pengembangan media mencerminkan transformasi budaya dan kultur masyarakat dari temuan media cetak ke media  online. Oleh karena itu, media online yang berbentuk website salah satu opsi yang keberadaanya memiliki pengaruh besar karena dapat memberikan informasi secara cepat dan terkini. Media online dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses berita-berita yang relevan. Media massa sebagai jembatan perantara atau penegah antara masyarakat dengan pemerintah, menjalankan fungsi kontrol sosial dengan mematuhi kaidah dan aturan jurnalistik untuk menyajiakan informasi yang benar dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sembilan elemen jurnalistik dalam produksi berita di media online Nusadaily.com. Elemen-elemen jurnalistik yang meliputi kebenaran, loyalitas, disiplin verivikasi, independensi, pemantau kekuasaan, forum kritik, menarik dan relevan, komprehensif dan proporsional, dan mengikuti nurani. Metode penelitian ini melibatkan analisis dan wawancara dengan jurnalis yang terlibat dalam pembuatan berita di Nusadaily.com. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang praktik jurnalistik dalam media online dan kontribusinya terhadap pengembangan konten berita yang berkualitas.

Keywords


Media Massa; Media Online; Sembilan Elemen Jurnalisme; Kovach dan Rosenstiel

Full Text:

PDF

References


Buku

Bill Kovach, & Tom Rosenstiel. (2014). The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and the Public Should Expect. New York: Three Rivers Press.

Kuskridho Ambardi, Gilang Desti Parahita, Lisa Lindawati, & Adam Wijoyo Sukarno. (2016). Kualitas Jurnalisme Public di Media Online Kasus Indonesia. Yogyakarta: UGM Press.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.

Jurnal

Amaliah, E. (2019). Jurnalistik Islam di Era Media Sosial. KOMUNIKA, 2(2). https://doi.org/10.24042/komunika.v2i2.6035

Effendy, E., Harahap, J., Shinta, N., & Kadir, R. A. (2023). Teknik Cepat Menulis Berita Hard News Di Media. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.

Halik, abdul. (2020). Atmosfer Kebebasan Pers (Antara Hukum, Etika, dan Profesionalisme Wartawan). Jurusan Jurnalistik, 6, 140–159.

Kencana, W. H., Situmeang, I. V. O., Meisyanti, M., Rahmawati, K. J., & Nugroho, H. (2021). Penggunaan Media Sosial dalam Portal Berita Online. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(2), 136–145. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v6i2.1509

Muliawanti, L. (2018). Jurnalisme Era Digital: Digitalisasi Jurnalisme dan Profesionalitas Jurnalisme Online. LENTERA: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 2(1), 79–98. https://doi.org/10.21093/lentera.v2i1.1168

Nadin, A. M., Ikhtiono, G., Sholeh Iskandar, B. J., Badak, K., Sereal, T., Bogor, K., & Barat, J. (2019). Manajemen Media Massa Menghadapi Persaingan Media Online. Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 76–87.

Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 02.

Panuju, R. (2018). Etika Jurnalistik dan Jurnalisme Bencana pada Pemberitaan Gunung Agung di Portal Berita Balipost.com. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2). https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1455

Puspita, R., & Suciati, T. N. (2020). Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan Tantangannya pada Jurnalisme Online Indonesia. EKSPRESI DAN PERSEPSI : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 3(2), 132–146. https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1781

Rohmah, N. (2021). Adaptasi Kebiasaan Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Al-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(2), 78–90.

Santoso, D. H. (2018). Application of Journalistic Ethics in Political Reporting in Online Media (Case Study of the Governor Election of Jakarta). Journal Pekommas, 3(2). https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030209

Santoso, D. H., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Etika Jurnalistik dalam Pemberitaan Politik di Media Online (Studi Kasus Pemilihan Gubernur DKI Jakarta). Jurnal Pekommas, 3(2).

Setiawan, B., & Kristina Kristina. (2021). Disiplin Verifikasi dalam Jurnalisme Media Online detikcom Verification Discipline in detikcom Online Media Journalism. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 23(1), 33–48.

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2).

Suyasa, I. M., & Sedana, I. N. (2020). Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.54895/jkb.v1i1.314

Taufik Hidayat Lubis, & Ismail Koto. (2020). Diskursus Kebenaran Berita Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers Dan Kode Etik Jurnalistik. DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukm, 5(2), 231–250.

Wibawa, D. (2020). Wartawan dan Netralitas Media. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 185–206. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.10531

Widya Ramailis, N. (2020). Cyber Crime dan Potensi Munculnya Viktimisasi Perempuan di Era Teknologi Industri 4.0. SISI LAIN REALITA, 5(01), 56–64. https://doi.org/10.25299/sisilainrealita.2020.vol5(01).6381

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476

Zulkarnain, I. (2021). Media Konvensional Vs New Media: Studi Komparatif Surat Kabar Dan Media Online Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 3(2), 50–57.

Website

Reza Pahlevi. (2022). Ini Media Online Paling Banyak Dikonsumsi Warga Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/ini-media-online-paling-banyak-dikonsumsi-warga-indonesia




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.2.2023.1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ