IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI LIMA DETIK DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE

Pingkan Wangko, Oktaviana Purnamasari

Abstract


Pertumbuhan perdagangan kopi di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat, salah satunya yaitu Kopi Lima Detik yang telah berhasil didirikan pada masa pandemic Covid-19 dan telah mempunyai 7 gerai di Jabodetabek 1 gerai di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi implementasi komunikasi pemasaran Kopi Lima Detik dalam membangun brand image. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Lalu data yang didapat dan terkumpul secara komperhensif selanjutnya dianalisis dengan beberapa cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi komunikasi pemasaran Kopi Lima Detik menggunakan advertising yang dilakukan menggunakan new media Instagram dan Tiktok. Kegiatan personal selling dilakukan dengan dengan memberikan edukasi dan arahan pada karyawan agar komunikatif dengan pelanggan dalam memberikan pilihan menu dan menawarkan promo. Sales promotion dilakukan memberikan variasi promo seperti paket bundling makanan, potongan harga, dan buy one get one. Memlihara dan membangun hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah serta pemegang saham sebagai kegiatan public relations serta kegiatan direct and digital marketing yang dilakukan yaitu dengan mengirimkan pesan Whatsapp kepada pelanggan mengenai promo serta melakukan penjualan online melalui Gofood, Grabfood, Shopeefood dan Tokopedia


Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2021, 26 September). Konsumsi Kopi Domestik di Indonesia Terus Meningkat selama 5 Tahun terakhir. Daridataboks.katadata.co.id.: https://databoks.katadata.co.id/datap ublish/2020/11/24/konsumsi- kopidomestik-di-indonesia-terus- meningkat-selama-5-tahun-terakhir

Ardianto, E. (2019). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitaif dan Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya.

Azizah, N., Carolina, P. S., & Alfaizi, M. R. (2020). Pengaruh Penentuan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Produk Lokal. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(2), 87-98.

Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.

Christiani, E. (2020). Analisis Strategi Media Sosial dalam Membangun Brand Image. Jurnal Visi Komunikasi/Volume Mei.

Databoks. (2021, 28 September). 2021 Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mecapai 370 RibuTon. Dari databoks.katadata.co.id.: ttps://databoks.katadata.co.id/datap ublish/2018/07/31/2021konsumsi- kopi-indonesia-diprediksi-mencapai- 370-ribu-ton

Hidayat, P. R., Ritonga, S., & Suharyanto, A. (2020). Strategi Pemasaran Brothers Café dalam Membangun Brand Image Bagi Pengunjung Di Kota Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1), 33-37.Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management Building, Measuring and Managing Brand Equity. Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2020). Principles of Marketing Eight European Edition. Pearson Education Limited.

Martina. (2021, 26 September). 10 Strategi Bisnis Food & Beverage (Kuliner) Agar Customer Datang ke Toko anda. Dari ukirama.com.: https://ukirama.com/en/blogs/10- strategi-bisnisfood-beverage-kuliner- agar-customer-datang-ke-toko-anda

Nikmah, W. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Apotek Lisa dalam Pembentukan Brand image (Doctoral dissertation, UNISNU).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9 (1).

Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran Edisi4. ANDI.

Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. FEB-UP Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.2.2023.42-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ