PENGARUH GAYA KOMUNIKASI PENYIAR TERHADAP MINAT DENGAR DAPUR REMAJA RADIO 107.8FM

Authors

  • Helmy Yahya University of Muhammadiyah Jakarta
  • Mulkan Habibi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/jbk.1.2.2023.68-76

Keywords:

1, Penyiaran 2, Gaya Komunikasi 3, Minat 4, Radio

Abstract

Penyiar harus menguasai cara mereka berbicara dengan memilih kata-kata yang tepat agar pendengar tetap mendengarkan mereka setiap kali mereka muncul. Penyiar di Radio Dapur Remaja 107.8FM berjuang untuk memajukan radio dan menyebarkan pesan informasi dan hiburan. Oleh karena itu, seorang penyiar harus menggunakan gaya komunikasi yang tepat untuk melibatkan pendengar dalam setiap program yang dibawakannya sehingga terdapat minat yang kuat oleh para pendengar atas program radio. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya komunikasi penyiar terhadap minat pendengar Dapur Radio. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif, menggunakan kuesioner online sebagai metode pengumpulan data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat pendengar dengan nilai R square sebesar 0,710 sisanya sebesar 19%, dipengaruhi oleh unsur-unsur yang tidak diperhitungkan dalam variabel penelitian. Berdasarkan hasil tersebut makan gaya komunikasi yang digunakan oleh penyiar dapur remaja radio mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat minat mendengarkan individu.

References

Allen J. L.,Rybczyk E.J., J. B. (2006). Communication Style And The ManagerialEffectivenesss Of Male And Female Supervisors. Jounal of business & economics researsch University Of New Heaven.

Amin, M., & Hikmah Kadir, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah Terhadap Minat Dengar Radio, IV(1), 58–71.

Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2017). Komunikasi Massa Suatu Pengatar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Indra Asusti, S. (2017). Jurnalisme radio teori dan praktik. (K. SoenandarRema, Ed.). Bandung: Sembiosa Rekatama Media.

Muhammad, A. (2015). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, D. (2007). ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nursih wahyuni, I. (2014). Komunikasi Massa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pardamean, R. (2011). Pengaruh Program Radio dan Minat Dengar (Studi Korelasional Pengaruh Acara O Tano Batak di Radio Teladan FM Terhadap Minat Dengar Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sei Sikambing D Kota Medan). Universitas Sumatera Utara.

Rachman, A. (2010). Dasar dasar penyiaran. Pekanbaru: Unri Press.

RG. (2018). Sejarah Singkat Perkembangan Radio. Diambil dari https://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/34250-sejarah-perkembangan-radio

RG. (2019). Era Digital Tidak Mampu Matikan Industri Radio. Diambil dari https://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/34982-era-digital-tidak-mampu-matikan-industri-radio

Riswandi. (2009). Dasar-dasar penyiaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Roudhonah. (2019). Ilmu Komunikasi (Cet. 2). Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (Edisi 2). Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2007). Psikologi Kepribadian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wahyudi, J. . (1994). Dasar-dasar Manajemen Penyiaran. Jakarta: Gramedia.

Widjaja, A. . (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles