AKUN INSTAGRAM @ILMU_KOMUNIKASI_UNH SEBAGAI MEDIA INFORMASI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NURDIN HAMZAH JAMBI

Yusnaini - Yusnaini

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi sebagai media informasi salah satunya penggunaan media sosial seperti instagram instagram. Penainggunaan instagram pada akun @ilmu_komunikasi_Unh sebagai media informasi mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Nurdin Hamzah. Penelitian ini menggunakan teori new media yang digagas oleh Suparno (2016). Dalam teorinya, Suparno membedakan karakterisrtik new media ke dalam 5 (lima) kualifikasi, antara yaitu, Packet-Switching, Multimedia, Interactivity, Synchronity, Hypertextuality. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akun Instagram @ilmu_komunikasi_unh sebagai media informasi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nurdin Hamzah Jambi yakni sebagai sumber informasi utama mahasiswa Ilmu Komunikasi, dimanfaatkan untuk mempromosikan keberagaman dan kehidupan kampus, serta merupakan media informasi yang variatif yang mengandung komponen dalam karateristik new media berupa multimedia (pemanfaatan fitur feed, story, dan highlight Instagram), hypertextuality (pemanfaatan fitur tagar, mention, dan link PMB), interactivity (pemanfaatan fitur komentar, suka, dan direct message), synchronity (pemanfaatan fitur live), dan packet switching (pemanfaatan fitur share pada pengguna lain). Sedangkan hambatan yang ditemui adalah keterbatasan jumlah pengelola akun, informasi yang terbatas, serta unggahan yang monoton.


Keywords


Instagram; Media Informasi; Universitas Nurdin Hamzah; Ilmu Komunikasi; New Media.

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2018). Live Video Streaming Sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(1), 17-23.

Anisa, R. dan Rachmaniar. 2019. Media Informasi dan Komunikasi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Jurnal Lontar. Vol. 7(1).

Anthony, A. (2019). Pengaruh Lokasi, Fasilitas Wif dan Perpustakaan Kampus terhadap Kepuasan Mahasiswa di Kampus 1 (satu) Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. 4(3).

APJII (2023). Survei APJII pengguna internet di Indonesia tembus 215 juta orang. Diakses tanggal 1 Juni 2023. Link https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang

Astuti, D., & Istiyanto, B. (2019). Peran Media Sosial Instagram Dalam Interaksi Sosial Antar Karyawan Bank Btpn Bumiayu. Jurnal Jurnalisa, 5(2).

Aviarni, M.A., dan R. Supiyah. 2020. Dampak Penggunaan Media Sosial Dalam Interaksi Sosial Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo). Jurnal Masyarakat Pesisir dan Perdesaan. Vol. 2 No. 2.

Ayutiani, D.N., dan B.P.S. Putri. 2018. Penggunaan Akun Instagram sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. Profesi Humas. Vo.3 No.1: 39-59.

Azzahra, S. D., & Rusmana, A. (2023). Perspektif pengguna pada penyebaran informasi ahasa m mental melalui akun Instagram@ ibunda. Id. Informatio: Journal of Library and Information Science, 3(1), 33-46.

Budiman, I. 2020. Peran Media Sosial Instagram Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.2 No.1: 1-15.

Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495-502.

Coastes K. dan Ellison, A. 2014. An Introduction to Information Design. China: Laurence King Publishing.

Darmawan, T., & Suhartini, T. (2021). Peran Fitur LiveInstagram Sebagai Media Transaksi Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. Medkom: Media and Communication Journal, 2(01), 54-65.

Hanik, U. 2019. Interaksi Sosial Masyarakat Plural Agama. Yogyakarta: Penerbit Kutub.

HAQ, A. A. (2022). Manajemen Konten Media Sosial Instagram Pada Akun Unofficial Kampus@ Hitz. Umy Dan@ Uiistory (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Herlina, N. 2017. Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Sumbar_Rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. Jurnal JOM Fisip. Vol.4 No.2: 1-12.

Karyanignsih, P.D. 2018. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Kominfo. KIC, Indonesia Digital Report 2022. (2022). Retrieved from Andi.Link: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/30/media-sosial-sumber-informasi-utama-masyarakat-indonesia

Kuswanti, A., & Oktarina, S. (2019). Pemanfaatan media informasi di era digital bagi kemandirian ibu rumah tangga. Suluh Pembangunan: Journal of Extention and Development, 1(1), 47-55.

Latip, A., Suparman, dan Nadiroh. 2021. Difusi Inovasi Pembelajaran. Jakarta: UNJ Press.

Listianingrum, R., A.F. Poerana, dan W.A. Arindawati. 2021. Strategi Komunikasi Melalui Media Instagram Dalam Memberikan Informasi Kepada Mahasiswa. Jurnal Pustaka Komunikasi. Vol4 No.1: 11-23.

Maharani, V. E., & Djuwita, A. (2020). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media komunikasi dan informasi Pemerintah Kota Semarang. eProceedings of Management, 7(2).

Malik, R., Kusumadinata, A. A., & Hasbiyah, D. (2023). Keragaman Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi. KARIMAH TAUHID, 2(1), 26-35.

Moleong, L.J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Cetakan ke-36. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mukarom, Z. 2020. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nafarin, M. I. (2022). Analisis Instagram Sebagai Media Informasi Bagi Mahasiswa Kecamatan Candi Laras Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Ningsih, S., Yuliani, F., & Ayuh, E. T. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun@ Mahasiswaakhir. Id Sebagai Media Literasi Informasi Mahasiswa. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 4(1), 11-16.

Nirwana, D. & Khuntari, D. (2021). Penggunan Instagram sebaga edia Komunikasi Pemasaran Online pada @celyne.official. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), 36-48.

Novita, D., & Yuliani, N. (2021). Pemanfaatan Instagram Di Dalam Mengelola Bisnis Online Bagi UMKM. In Forum Ilmiah (Vol. 18, No. 1, pp. 55-63).

Ramli, M. 2012. Media Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Rohmiyati, Y. (2018). Analisis penyebaran informasi pada sosial media. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 29-42

Sari, D.N., dan A. Basir. 2020. Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. PERSEPSI: Communication Journal. Vol.3 No.1: 23-36.

Sari, M.P. 2017. Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jurnal JOM Fisip. Vol.4 No.2: 1-13.

Situmeang, I, V. 2020. Media Konvensional dan Media Online, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subiyanto, L. A., & Valiant, V. (2022). Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Media Promosi Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Ikon—Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(3), 286-302.

Sugiana, D., dkk. 2019. Komunikasi Dalam Media Digital. Yogyakarta: Buku Litera Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Suparno, B.A., W. Muktiyo, dan RR. Susilastuti DN. 2016. Media Komunikasi: Representasi Budaya dan Kekuasaan. Jawa Tengah: UNS Press.

Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 177-187.

We Are Social, Hootsuite, Indonesia Digital Report 2022. (2022). Retrieved from Andi.Link: https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/12/08/ada-berapa-pengguna-internet-dan-media-sosial-di-seluruh-dunia

Widya, A. R. (2021). Meningkatkan Keterlibatan Publik secara Online pada Era Open Government di Media Sosial (Studi Analisis Isi Akun Instagram Badan Pusat Statistik) (Increasing Online Public Engagement in The Era of Open Government on Social Media (Content Analysis of Statistics Indonesia’s Instagram)). Jurnal Iptekkom (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 23(2), 185-198.

Yanuarita, I. dan Wiranto. 2018. Mengenal Media Sosial Agar Tak Menyesal. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.2.2023.10-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ