PERAN HUMAS DALAM MEMPUBLIKASIKAN KEGIATAN KWARTIR CABANG JAKARTA SELATAN

Nurul Juandini Putri, siska yuningsih

Abstract


Peran humas dalam suatu organisasi yaitu mengelola segala bentuk kegiatan dalam rangka meningkatkan citra dan mempublikasikan informasi-informasi kepada publik. Salah satu organisasi dalam kehidupan sosial adalah Gerakan Pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, faktor pendukung dan penghambat serta media yang digunakan Humas Kwartir Cabang Jakarta Selatan. Teori yang digunakan adalah Teori Hubungan Masyarakat. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan yang dipakai adalah purposive sampling . Hasil penelitiannya ialah Peran Komunikator : kegiatan publik internal yaitu melalui kegiatan rapat kerja, publik eksternal menyampaikan kegiatan yang dipublikasikan melalui media sosial. Peran membina Hubungan : menjalin kerjasama dengan Dinas Perhubungan di Terminal Lebak Bulus untuk laporan langsung situasi arus mudik. Peran Back up Management : mempublikasikan kegiatan yang dibawakan oleh Ketua Kwartir Cabang Jakarta Selatan dan membawakan berita tentang kegiatan yang diadakan oleh Kwartir Gerakan Nasional Pramuka. Peran Good Image Maker : berencana mewujudkan melalui pemberian pelatihan yang terbaik untuk anggota Humas agar mendapatkan respon yang baik. Faktor pendukung dan penghambatnya yaitu banyaknya kegiatan yang mempunyai potensi untuk dipublikasikan namun kurangnya jumlah SDM untuk melakukan pengelolaan media. Media yang digunakan adalah media secara langsung maupun media secara tidak langsung seperti instagram, youtube dan website .

Keywords


Peran; Humas; Pramuka; Publikasi

Full Text:

PDF

References


A. Muri. Yusuf. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan (Pertama). Jakarta: Renika Cipta

Astika. 2014. Pemanfaatan Publikasi Di Media Sosial Untuk Pembelajaran, JUPEMA (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 10–25

Broom. G. M., & Sha, B.-L. 2013. Cutlip and Center’s: Effective Public Relations. Pearson Education Limited

Cangara, H. M. 2014. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Haningtyas, A. (2018). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Hotel Sahid Melalui Event Yoga. Jurnal Riset Komunikasi

https://katadata.co.id/intan/lifestyle/645ca30ecc9f8/memahami-struktur-organisasi-pramuka-lengkap-dengan-tugasnya

Liliweri. Alo. 2014. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Grup

Liliweri. Alo. 2014. Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara

Moleong. Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mustafa, Rezky, Nurfaidah. 2017. Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 6 (3), 30-43

Ni Luh Putu Ening Permini, I Made Wahyu Kusuma Atmaja. 2020. Peran Humas Dalam Kegiatan Publikasi Online Pemerintah Di Kabupaten Badung, Jurnal MODERAT, 8

Nova. Firsan. 2011. Crisis Public Relatons Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Pramukaria.id. 2023. Memahami Struktur Organisasi Pramuka Lengkap dengan Tugasnya. https://pramukajaksel.or.id

Putri Vidiarti. 2020. Peran Media Relations dalam Mempublikasikan Program Kedinasan melalui Pendekatan Informal. Jurnal Hubungan Masyarakat, Vol.2

Ruslan. Rosady. 2017. Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta

Sugiyono. 2018. Pengertian Observasi. Bandung: PT Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.2.2023.57-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ