PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA DALAM IKLAN TVC PARAMEX DAN GARNIER MICELLAR WATER TAHUN 2023

Muhammad Rizky Fauzan, Bazlin Fania Farransahad, Nely Rahmawati, Fajar Junaedi

Abstract


Penelitian ini menggambarkan mengenai Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan TVC Paramex dan Garnier Micellar Water Tahun 2023 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjawab rumusan masalah, yaitu tentang bagaimana pelanggaran etika pariwara Indonesia terjadi pada iklan Paramex dan Garnier Micellar Water. Penelitian kualitatif merupakan suatu bentuk penelitian dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai fenomena masalah. Berdasarkan dengan hasil penelitian iklan televisi Paramex nyeri otot dan Garnier Micellar Water melanggar ketentuan yang ada dalam Etika Pariwara Indonesia. Paramex menampilkan adegan yang kurang etis serta mengucapkan kata yang ambigu untuk disematkan pada iklan obat pereda nyeri. Sedangkan Garnier Micellar Water memuat klaim bahwa segmentasi produk tersebut adalah nomor satu di Indonesia.


Keywords


Indonesian Advertising Ethics; TVC Ads; Paramex; Garnier Micellar Water

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2014). Analisis Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia ( Versi Anak Laki-laki dan Anak Perempuan ). 1(3), 1–5.

Alif Gifari, F., & Isnaen Fadilla, Q. (2022). Civilia : Analisis Pelanggaran Etika Periklanan pada Iklan mouthspray Cooling 5 versi “Redakan Rasa Sakit Pada Gigi” (2020) berdasarkan Etika Pariwara Indonesia (EPI). Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1. http://jurnal.anfa.co.id

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Dewan Periklanan Indonesia. (2020). Etika Pariwara Indonesia (Amandemen 2020) (Issue 1).

Fiantika, Feny Rita , Mohammad Wasil , Sri Jumiyati , Leli Honesti , Sri Wahyuni , Erland Mouw , Jonata , Imam Mashudi , Nur Hasanah , Anita Maharani , Kusmayra Ambarwati , Resty Noflidaputri , Nuryami, Lukman Waris. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif.

Gunawan, F. A., & Dharmayanti, D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi Dan Endorser Terhadap Purchase Intention Pond’S Men Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–14.

Junaedi, F. (2022). PELARI Pelanggaran Etika Pariwara (R. R. D. Hanif Indhie Pratama & N. A. B. Nauval Hijran Nugraha (eds.); Cetakan Pe). Buku Litera.

Junaedi, F. (2023). Etika Komunikasi di Era Siber (Cetakan ke). PT RajaGrafindo Persada.

Pahleviannur, Muhammad Rizal, Anita De Grave, Debby Sinthania, Lis Hafrida, Vidriana Oktaviano Bano, dan Dani Nur Saputra. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Riyanto, Mochamad. 2012. Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran. Jakarta: Komisi Penyiaran Indonesia

Nurrohman, A. T. (2020). Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan Baris di Solopos Edisi Mei-Juni 2018. Jurnal Audiens, 1(1). https://doi.org/10.18196/ja.11015

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Stephanie, E., Rumambi, L. J., Sondang, Y., Si, S., Sc, M., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan Dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.

Suandari, N. L. P. R. (2021). Dimensi Etis Iklan, Studi Kasus Pada Iklan Sampo Anti Dandruff dan Iklan Belanja Online di Media Televisi. CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication, 2(2),129–138. https://doi.org/10.33153/citrawira.v2i2.4013

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Putri Wahyuni, Ade Irma, Syamsul Arifin. (2021). Perempuan, Perempuan dan Media Volume 1 (S. A. n Putri Wahyuni, Ade Irma (ed.); Cetakan Pe). Syiah Kuala University Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.2.2023.86-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ