ANALISISI PRODUKSI PROGRAM BERITA “SELAMAT PAGI INDONESIA” DI METRO TV

Dadam Nuralam, Amin Shabana, Nani Nurani Muksin

Abstract


Program berita adalah program televisi yang menyajikan informasi terkini seputar politik, ekonomi, sosial, budaya, dll. Salah satunya program "Selamat Pagi Indonesia" merupakan program berita yang memiliki campuran antara konten ringan, semi-berat, dan dengan nuansa politik. Dirancang untuk menyajikan informasi kepada berbagai lapisan masyarakat, terutama kepada ibu-ibu, pekerja produktif, dan remaja yang ditayangkan setiap hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana proses produksi program “Selamat Pagi Indonesia” di Metro TV, mulai dari proses pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan Observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah proses produksi program berita “Selamat Pagi Indonesia” di Metro TV terdapat 4 tahapan dalam proses produksinya, yakni Perencanaan/Proyeksi yang merupakan pondasi untuk keseluruhan program, menentukan arah, tema, dan konten yang akan disajikan. Selanjutnya Produksi Meliputi proses kreatif dalam pembuatan materi yang akan disiarkan, termasuk pengeditan, pengumpulan bahan, dan penyusunan konten. Kemudian Penyiaran, Tahap di mana proses disiarkannya program ke audiens. Dan yang terakhir Evaluasi, tahap untuk melihat kembali kualitas program, memastikan keberhasilan, dan mengevaluasi respons/feedback dari audiens. Kesimpulanya adalah proses produksi program berita “Selamat Pagi Indonesia” di Metro TV memiliki 4 tahapan, yaitu Perencanaan/Proyeksi (Pra-Produksi), Produksi, Penyiaran, dan Evaluasi (Pasca Produksi).

Full Text:

PDF

References


Buku

Morissan, M.A. 2018. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Revisi. Jakarta: Kencana (Divisi dari Prenadamedia Group), Jakarta.

Fred Wibowo. 2007. Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher, Yogyakarta.

Jurnal

Azmi, N. (2014). Dampak Media Televisi Terhadap Prilaku Sosial Anak. Scientiae Educatia, 3(2), 11–28.

Ahmad Sadzali. (2018). Paradigma Konstruktivisme-Progresif Dalam Penegakan Hukum. Jurnal

Majelis, 04, 81–97.

Ayuningtias, P. (2013). Hubungan Antara Terpaan Media Mengenai Penculikan Anak di Televisi

dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua di RT 23 Kelurahan Sidomulyo Samarinda.

EJournal Ilmu Komunikasi, 1(2), 14–27.

Bangun, E. P., A Koagouw, F. V. I., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan

Berita Pada Media Online Manadopostonline.com. Acta Diurna Komunikasi, 1(3), 4–13.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25560

Busada, Y. (2013). Proses Produksi Program Berita “Detak Riau” Di Stasiun Riau Televisi (Rtv)

Pekanbaru. Repository.Uin-Suska, 26(4), 1–37. https://repository.uin-suska.ac.id/7837/

Cahayadi, M. L., Fatimah, J. M., & Aziz, S. (2018). Kebijakan Segmentasi Khalayak Program

Siaran Policy Of Khalayak Segmentation Talkshow Program Private Television

Broadcasting. 7(1), 124–132.

Christian, O. :, Sitorus, P., & Rohanasimbolon, B. (2019). Penerapan Angle Camera Dalam

Videografi Jurnalistik Sebagai Penyampai Berita Di Metro Tv Biro Medan. Jurnal Ilmiah

Ilmu Komunikasi, 4(2), 137–150.

Dinarjito, A. (2017). Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia ( Lpp Tvri )

Kalimantan Timur. Optimalisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak Pada Lembaga

Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (Lpp Tvri), 1, 107–122. ar.mian.fisipunmul.ac.id

Elliza Jamine Oktarina. (2021). Mengenal Lembaga Penyiaran Di Indonesia. Binus University.

https://student-activity.binus.ac.id/binustvclub/2021/11/mengenal-lembaga-penyiaran-diindonesia/

Mada, G. (2022). Laporan Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Tahun 2022. Komisi Penyiaran Indonesia, 10–13.

Munawaroh, F. (2017). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.

Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam “At-Tabsyir,” 2(2), 77–95.




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.2.1.2024.1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ