PENGARUH DAYA TARIK PROMOSI INFOBANKNEWS.COM TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN MAJALAH INFOBANK PADA E-COMMERCE SHOPEE

R. Hiru Muhammad

Abstract


Menurut Indonesia Millennial Report 2019, milenial sangat suka mencari perbandingan harga, fitur, program promo dan kualitas produk di beberapa situs e-commerce sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi backlink Infobanknews.com terhadap minat beli pelanggan Infobanknews.com pada e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan asosiatif. Populasi yang dipilih yakni seluruh pembeli Majalah Infobank di e-commerce Shopee pada tahun 2022 dengan sampel sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) daya tarik promosi backlink gatra.com mendapatkan tanggapan baik dari hasil jawaban seluruh responden, 2) minat beli pelanggan Majalah Infobank mendapatkan tanggapan baik dari hasil jawaban seluruh responden, 3) daya tarik promosi backlink Infobanknews.com berpengaruh positif terhadap minat beli pelanggan Infobanknews.com pada e-commerce Shopee dengan koefisien regresi daya tarik promosi backlink gatra.com (X) sebesar 0,66 (positif), dan 4) hasil uji hipotesis variabel daya tarik promosi backlink Infobanknews.com (X) adalah 5,682 dengan kondisi t-tabel (0,025; 98) = 1.98447 sehingga t-hitung > t-tabel (5,682 > 1.98447) dan menyatakan bahwa daya tarik promosi backlink Infobanknews.com berpengaruh signifikan terhadap minat beli pelanggan Infobanknews.com melalui e-commerce Shopee


Keywords


E-commerce; infobanknews.com; Marketing; Public Relations

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. "Manajemen operasi produksi." Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2016): 69-80.

Cahyanti Ica, Fauzi Amrin, & Rini Sulistya, 2021, Effect of E-Trust and Marketing

Public Relation on Customer's Purchasing Decision on the E-Commerce

Market (Study on Lotte Mart Grosir Medan Customers), International

Journal of Research and Review, Volume 8 No.8.

Cynthia, Handayani & Agustinus, 2021, Pengaruh Daya Tarik Promosi, Kemudahan Penggunaan, dan

Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Emoney Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang, Jurnal Keunis, Volume 9 No.2, Hlm.173-183.

Effendy, Onong Uchjana, 2017, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Firmansyah, Anang, 2018, Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran), Yogyakarta: Deepublish.

Fisher, Andrew, 2018. Critical Thinking: An Introduction (Second Ed), Cambridge: Cambridge

University Press.

Ghozali, Imam, 2016, Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 24, Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusti, Hartono Mustakini, 2020, Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori,

dan Aplikasi Bisnis, Edisi Ketujuh, Yogyakarta: BPFE. Harris, Thomas L & Whalen, Patricia

T, 2016, The Marketer’s guide Public Relations in the 21st century, USA: Thomson Higher

Education.

IDN Research Institute, 2019, Indonesia Millennial Report, Retrieved from

https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-millennial-report-2019-by-idn- times.pdf

Irawan, Rizal, 2020, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen

Pada PT. Satria Nusantara Jaya, Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, Volume 5 No.2, Hlm.140-156.

Johnson, JE, 2017, Maturity and fecundity of threadfin shad, Dorosoma petenense (Gunther), in

Central Arizona reservoirs. Trans. Am. Fish. Soc. 100(1):74–85.

Josi, Ahmat, 2018, Implementasi Framwork Boostrap Pada Website STMIK Prabumulih Ahmad,

Jurnal Teknologi, Volume 20 No 1.

Kotler, Philip & Kevin, Lane Keller, 2016, Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson

Education,Inc.

Mulyana, Deddy, 2019, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peter, J Paul & Olson, Jerry C, 2018, Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi

Pemasaran, Edisi keempat, Jakarta: Erlangga.

Ruslan, Rosady, 2019, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

Sekaran, Uma & Bougie, Roger, 2014, Research methods for business: a skillbuilding approach. J.

Willey & L. Sons, Eds. (Seventh Ed). United Kingdom: Chichester, West Sussex.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suhandang, Kustadi, 2014. Studi Penerapan Public Relations Pedoman Kerja Perusahaan, Bandung:

Nuansa Cendikia.

Tjiptono, Fandy, 2018, Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan,dan Penelitian, Yogyakarta: Andi.

Wigdado, Prasetyo, 2019, Analisis Perkembangan E-Commerce Dalam Mendorong Pertumbuhan

Ekonomi Wilayah di Indonesia, Jurnal Teknologi UGM, Volume 13 Nomor 3.

Yuhefizar, 2013, Cara Mudah & Murah Membangun & Mengelola Website, Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.2.1.2024.51-61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ