Strategi Social Media Marketing Brand Fatgoods Dalam Membentuk Brand Awareness

Rafid Fathan Fahmi, Aminah Swarnawati

Abstract


Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya adalah Social Media Marketing (SMM) karena platform media sosial memiliki jangkauan pasar yang lebih luas, menganalisis pesaing secara lebih komprehensif, dan mendapatkan feedback tentang produk dari konsumen. Fatgoods merupakan salah satu UMKM di bidang pakaian yang menggunakan strategi social media marketing untuk mempromosikan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi social media marketing brand Fatgoods dalam membentuk brand awareness dan mengetahui kendala yang dihadapi media sosial Fatgoods dalam membentuk brand awareness. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori social media marketing menurut Quesenberry. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fatgoods telah menerapkan strategi social media marketing menurut Quesenberry yang berimplikasi terdapat tahapan yang dilakukan secara maksimal yaitu ide besar dan penelitian primer dan sekunder. Lalu tahapan yang belum maksimal yaitu identifikasi target audiens. Kendala yang dihadapi adalah minimnya atau kurangnya sumber daya manusia serta hanya berfokus pada satu media sosial dalam mengiklankan produknya.


Keywords


Strategi; Social Media Marketing; Brand Awareness

Full Text:

PDF PDF

References


Adrian, D., & Rachman, M. (2021). Manfaat Pemasaran Media Sosial Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215–222.

Akbar, Y. H., & Helmiawan, M. A. (2018). Penerapan Strategi Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Dealer Mobil Toyota, Daihatsu dan Honda Bandung. Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, 12(2), 115–124. https://doi.org/10.33481/infomans.v12i2.159

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus diKantor Pos Kota Magelang 56100). Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.

Azizah, S. (2021). Peran Social Media Marketing Gabag Indonesia dalam Mempertahankan Brand Equity pada Pandemi Covid-19. 5(2), 173–183.

Creswell, J. W. (2023). Research Design Pendekatan Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (P. P. Pelajar (ed.); 4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Databoks.katadata. (2022). 5 saluran iklan digital yang paling banyak diakses konsumen. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/0641f60f9ddc8ec/5-saluran-iklan-digital-yang-paling-banyak-diakses-konsumen

Endaryati, E., & Subroto, V. K. (2021). Social Media Audit , A New Scope For Auditing. Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 59–63.

Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Mertayasa, I. G. A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0 : Sebuah Literature Review. 08(02), 1–10.

Irawan, F. Y., Yohannes, Y., & Utami, D. (2022). Fungsi Media Sosial Facebook Dalam Pengelolaan Umpan Balik Pelanggan Oleh PT PLN Wilayah Pemangkat. Ilmu Komunikasi, 5(2), 751–763.

J. Craig Andrews and Terence A. Shimp. (2018). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Communications Marketing. In Cengage Leraning (10th ed.). Boston: Cengage Learning.

Quesenberry, K. (2019). Social Media Strategy : Marketing, Advertising, and Public Relations in the Consumer Revolution (S. Elizabeth (ed.); 2nd ed.). London: Rowman & Littlefield.

Statistik, B. P. (2024). Ekspor pakaian jadi konveksi dari tekstil menurut negara tujuan utama. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/MjAyNiMx/ekspor-pakaian-jadi--konveksi--dari-tekstil-menurut-negara-tujuan-utama--2012-2023.html

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif (Vol. 13, Issue 1). Bandung: Alfabeta

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Wearesocial. (2024). Data Digital Indonesia 2024. Wearesocial.Com. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.3.1.2025.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ