KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM DALAM PEMASARAN PRODUK PADA TOKO RAYYAH.CO DI KABUPATEN BANGGAI

Authors

  • moh rafli alfarizi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK
  • Ken Amasita Saadjad Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Suanti Tunggala Universitas Muhammadiyah Luwuk

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis tidak dapat dihindari dalam ekonomi pasar seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Persaingan memaksa perusahaan menerapkan konsep pemasaran yang berbeda dengan perusahaan lain untuk terus memajukan perusahaan. Penelitian ini mengkaji penggunaan Instagram sebagai alat komunikasi pemasaran oleh toko Rayyah.co di Kabupaten Banggai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis komunikasi pemasara yang diterapkan melalui Instagram dan dampaknya terhadap pemasaran produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah followers Rayyah.co sebanyak 7.972 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin sebanyak 44 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penggunaan Instagram sebagai alat komunikasi pemasaran oleh toko Rayyah.co di Kabupaten Banggai dapat dipresentasikan pada angka 85,01% dengan kategori sangat baik yang dinilai berdasarkan kualitas produk, harga, dan pelayanan.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles