PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24853/jmmb.3.1.21-28Keywords:
persepasi dan pembelajaran daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring (online) di masa pandemik covid 19 pada Universoyas Muhammadiyah Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah responden sebanyak 202 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hasil Penelitian bahwa pada pembelajaran daring (online) mayoritas mahasiswa menggunakan laptop dari pada handphone, sedangkan terkait dengan pembelajaran daring (online) mayoritas mahasiswa mempersepsikan positif pada tiga aspek yaitu proses pembelajaran, kemampuan dosen, dan sarana prasarana. Namun mahasiswa masih terkendala dalam hal kemudahan memahami materi pada pembelajaran daring dan mahasiswa lebih menyukai pembelajaran offline (tatap muka di kelas) dari pada daring (online).References
Allen, Michael. (2013). Guide To E-Learning. Canada : John Wiley & Sons.
Aydin, C. H., dan Tasci, D. 2005. Measuring Readiness for e-Learning: Reflections from an Emerging Country. Educational Technology and Society, 8 (4), pp. 244-257.
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.
Dwi Ratnawati & Vivianti. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Matakuliah Praktek Aplikasi Teknologi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro Vol. 4 No.2.
Kemdikbud. (2011). Modul Satuan Pembelajaran Seri Pengembangan Bahan Belajar Mandiri. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ordekoria Saragih, dkk (2020) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaan Daring Selama Pandemik Covid 19. Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaan Volume 7 No.3. Hal 178 – 191.
Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Rabbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A. (2013). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salmba Empat.
Rivai, Veithzal, Muliaman Darmansyah Hadad dan Mansyur Ramly. (2017) Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Triatna, Cepi. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wibowo. (2017). Perilaku Dalam Organisasi, Edisi Ketiga. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, telah menyetujui ketentuan Lisensi Hak Cipta sebagai berikut :
1. Penulis memegang hak cipta atas jurnal yang telah dituliskanya, dan memberikan hak kepada Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis untuk menjadi yang pertama dan satu-satunya pengelola jurnal untuk mempublikasikan artikel tersebut.
2. Setiap artikel jurnal yang dipublikasikan JMMB dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dan mengaksesnya secara terbuka.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya dalam Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting link tertaut atas artikel yang telah ditulisnya dalam web Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/index ).
Informasi lebih lebih lanjut tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.