PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Muhammad Yusuf, Nazifah Husainah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring (online) di masa pandemik covid 19 pada Universoyas Muhammadiyah Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah responden sebanyak 202 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hasil Penelitian bahwa pada pembelajaran daring (online) mayoritas mahasiswa menggunakan laptop dari pada handphone, sedangkan terkait dengan pembelajaran daring (online) mayoritas mahasiswa mempersepsikan positif pada tiga aspek yaitu proses pembelajaran, kemampuan dosen, dan sarana prasarana. Namun mahasiswa masih terkendala dalam hal kemudahan memahami materi pada pembelajaran daring dan mahasiswa lebih menyukai pembelajaran offline (tatap muka di kelas) dari pada daring (online).

Keywords


persepasi dan pembelajaran daring

References


Allen, Michael. (2013). Guide To E-Learning. Canada : John Wiley & Sons.

Aydin, C. H., dan Tasci, D. 2005. Measuring Readiness for e-Learning: Reflections from an Emerging Country. Educational Technology and Society, 8 (4), pp. 244-257.

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.

Dwi Ratnawati & Vivianti. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Matakuliah Praktek Aplikasi Teknologi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro Vol. 4 No.2.

Kemdikbud. (2011). Modul Satuan Pembelajaran Seri Pengembangan Bahan Belajar Mandiri. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ordekoria Saragih, dkk (2020) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaan Daring Selama Pandemik Covid 19. Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaan Volume 7 No.3. Hal 178 – 191.

Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Rabbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A. (2013). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salmba Empat.

Rivai, Veithzal, Muliaman Darmansyah Hadad dan Mansyur Ramly. (2017) Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Triatna, Cepi. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wibowo. (2017). Perilaku Dalam Organisasi, Edisi Ketiga. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.3.1.21-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ