DESAIN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA TRANSPORTASI OJEK ONLINE PT GOJEK INDONESIA

Aulia Wahyu Damayanti, Fitria Budi Pertiwi, Ricky Firmansyah

Abstract


Pemanfaatan iptek di segala bidang dalam kehidupan manusia telah menunjukkan kekuatan iptek dalam mempengaruhi pikiran dan perbuatan manusia. Salah satunya adalah pada bidang transportasi dan komunikasi. Sistem yang terintegrasi antara transportasi dan komunikasi telah menjawab kebutuhan konsumen yaitu transportasi yang cepat, aman, fleksibel, dan mudah dijangkau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menjabarkan model-model desain komunikasi yang diterapkan oleh PT Gojek Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa strategi desain komunikasi yang digunakan oleh PT Gojek Indonesia terbukti efektif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan mereka. Adanya kemudahan akses, variasi, dan fleksibilitas menjadi kunci utama dari desain komunikasi yang diterapkan oleh PT Gojek Indonesia. Desain komunikasi yang diterapkan yaitu penetapan harga yang mempengaruhi psikologis konsumen, desain warna yang digunakan, serta iklan yang dikomunikasikan. Kesimpulannya adalah Cara-cara tersebut terbukti berpengaruh bagi perkembangan perusahaan dan peningkatan loyalitas konsumen.
Kata Kunci: Efektivitas, Desain Komunikasi, dan Transportasi


Full Text:

PDF

References


Bayuliana, E. (2018). Analisis Efektivitas Iklan Online Gojek dalam Upaya Peningkatan Pengguna Jasa Gojek di Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. Retrieved Maret 2021

Kristo, F. Y. (2017). Awal Mula Transportasi Online Menjamur di Indonesia. Jakarta: detikInet. Retrieved Maret 2022, from https://inet.detik.com/cyberlife/d-3609781/awal-mula-transportasi-online-menjamur-di-indonesia

Kurnianti, A. (2017, Oktober). Komunikasi Pemasaran Transportasi Online NGuberJEK. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 1, 69-84.

Legasari, V., & dkk. (2013, September). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Sikap Konsumen pada Sabun Pemutih Wajah Merk Oil of Olay di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 21, 3.

Ningsih, A. (2013, Oktober). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13, 120.

Nurhasanah. (2016). Analisis Efektivitas Iklan Online Gojek di Kalangan Pengguna Media Sosial di Kota Makassar. Mkassar: Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Utami, A., Zahrudin, & Ramadhanti, S. (2019, Desember). Analisis Strategi Penetapan Harga terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ojek Online pada PT Gojek Indonesia. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 6, 137-156.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.4.1.27-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ