PENGARUH KUALITAS FILM, DAYA TARIK, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENONTON DI BIOSKOP YOGYAKARTA
Abstract
Keywords:
Film Quality, Appeal, Celebrity Endorsement, Location, Viewing Decision
Kata Kunci:
Kualitas Film, Daya Tarik, Celebirty Endorsement, Lokasi, Keputusan Menonton
ABSTRACT
This study aims to analyze the influence of Film Quality, Attraction, Celebrity Endorsement, and Location on the Decision to Watch in Yogyakarta Cinemas. The research method used in this study is a quantitative method. The population in this study were students who had watched films in Yogyakarta cinemas. The data collection method in this study used an online questionnaire. The sampling method used was purposive sampling. The number of samples taken in this study was 110 respondents. The analysis tool used was a descriptive and quantitative method using multiple linear regression analysis with the help of the SPSS program. The results of this study indicate that: 1) Film Quality, Attraction, Celebrity Endorsement, and Location simultaneously influence the Decision to Watch in Yogyakarta Cinemas 2) Film Quality has a positive and insignificant effect on the Decision to Watch, 3) Attraction has a positive and significant effect on the Decision to Watch 4) Celebrity Endorsement has a positive and significant effect on the Decision to Watch, 5) Location has a positive and significant effect on the Decision to Watch in Cinemas, Theoretically, the contribution supports the previous research model. The practical contribution is location
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Film, Daya Tarik, Celebrity Endorsement, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menonton Di Bioskop Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah menonton film di bioskop Yogyakarta. Metode pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Alat analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas Film, Daya Tarik, Celebrity Endorsement, Dan Lokasi secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Menonton di Bioskop Yogyakarta 2) Kualitas Film berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Menonton, 3) Daya Tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menonton 4) Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menonton, 5) Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menonton di Bioskop, Kontibusi teoritis mendukung model penelitian sebelumnya. Kontribusi praktis yaitu lokasi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.5.2.120-133
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:
Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License