PENGARUH INFORMASI NON KEUANGAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI DALAM BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.11-16Keywords:
Informasi Non Keuangan, Minat BerinvestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh informasi non keuangan terhadap minat berinvestasi di Bursa Efek Indonesia (Studi KasusMahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptikuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas EkonomUniversitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Teknik sampel dalampenelitian ini adalah sampling incidentaldimana sampel dalam penelitian inadalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah Medan angkatan 2015 sebanyak 10% yang berjumlah 73 mahasiswaSumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuesioner, observasdan wawancara, metode analisis data dalam penelitian ini yaitu regresi liniesederhana yang berupa uji t (persial), dan uji koefesien determinan.Hasipenelitian menunjukkan bahwa informasi non keuangan berpengaruh posititerhadap minat berinvestasi di bursa efek Indonesia pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muslim nusantara al-washliyah medan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh informasi non keuangan terhadap minat berinvestasi di Bursa Efek Indonesia (Studi KasusMahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptikuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas EkonomUniversitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Teknik sampel dalampenelitian ini adalah sampling incidental dimana sampel dalam penelitian inadalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah Medan angkatan 2015 sebanyak 10% yang berjumlah 73 mahasiswaSumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuesioner, observasdan wawancara, metode analisis data dalam penelitian ini yaitu regresi liniesederhana yang berupa uji t (persial), dan uji koefesien determinan.Hasipenelitian menunjukkan bahwa informasi non keuangan berpengaruh posititerhadap minat berinvestasi di bursa efek Indonesia pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muslim nusantara al-washliyah medan.References
Ikbal,Muhammad.(2017).Apakah Informasi Non Keuangan Berguna Bagi Investor Survei Persepsi Bagi Investor Retail Di Indonesia.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda.Vol.14.
Kusmawanti.(2016).Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia sebagai Variabel Moderat.Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS).Vol.1.
Pajar Chaerul, Rizki.(2017).Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal pada Mahasiswa FE UNY.Jurnal Profita Edisi I.
Sugiyono.(2017).Metode Penelitian Kuantitatif.Kualitatif dan R & D.Alfabeta.Bandung.
Suherman, Herman et all.(2013).Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam:Universitas Pendidikan Matematika Indonesia.
Sunyoto, Danang.(2016).Metodelogi Penelitian Akuntansi.Bandung:PT Refika Aditama.
Tandio, T.(2016).Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Perseps Risiko, Gender dan Kemajuan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, telah menyetujui ketentuan Lisensi Hak Cipta sebagai berikut :
1. Penulis memegang hak cipta atas jurnal yang telah dituliskanya, dan memberikan hak kepada Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis untuk menjadi yang pertama dan satu-satunya pengelola jurnal untuk mempublikasikan artikel tersebut.
2. Setiap artikel jurnal yang dipublikasikan JMMB dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dan mengaksesnya secara terbuka.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya dalam Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting link tertaut atas artikel yang telah ditulisnya dalam web Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/index ).
Informasi lebih lebih lanjut tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.