PENGARUH INFORMASI NON KEUANGAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI DALAM BURSA EFEK INDONESIA

Alistraja Dison Silalahi, Debbi Chyntia Ovami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh informasi non keuangan terhadap minat berinvestasi di Bursa Efek Indonesia (Studi KasusMahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptikuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas EkonomUniversitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Teknik sampel dalampenelitian ini adalah sampling incidentaldimana sampel dalam penelitian inadalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah Medan angkatan 2015 sebanyak 10% yang berjumlah 73 mahasiswaSumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuesioner, observasdan wawancara, metode analisis data dalam penelitian ini yaitu regresi liniesederhana yang berupa uji t (persial), dan uji koefesien determinan.Hasipenelitian menunjukkan bahwa informasi non keuangan berpengaruh posititerhadap minat berinvestasi di bursa efek Indonesia pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muslim nusantara al-washliyah medan. 

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh informasi non keuangan terhadap minat berinvestasi di Bursa Efek Indonesia (Studi KasusMahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptikuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas EkonomUniversitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Teknik sampel dalampenelitian ini adalah sampling incidental dimana sampel dalam penelitian inadalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah Medan angkatan 2015 sebanyak 10% yang berjumlah 73 mahasiswaSumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuesioner, observasdan wawancara, metode analisis data dalam penelitian ini yaitu regresi liniesederhana yang berupa uji t (persial), dan uji koefesien determinan.Hasipenelitian menunjukkan bahwa informasi non keuangan berpengaruh posititerhadap minat berinvestasi di bursa efek Indonesia pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muslim nusantara al-washliyah medan. 


Keywords


Informasi Non Keuangan, Minat Berinvestasi

References


Ikbal,Muhammad.(2017).Apakah Informasi Non Keuangan Berguna Bagi Investor Survei Persepsi Bagi Investor Retail Di Indonesia.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda.Vol.14.

Kusmawanti.(2016).Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia sebagai Variabel Moderat.Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS).Vol.1.

Pajar Chaerul, Rizki.(2017).Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal pada Mahasiswa FE UNY.Jurnal Profita Edisi I.

Sugiyono.(2017).Metode Penelitian Kuantitatif.Kualitatif dan R & D.Alfabeta.Bandung.

Suherman, Herman et all.(2013).Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam:Universitas Pendidikan Matematika Indonesia.

Sunyoto, Danang.(2016).Metodelogi Penelitian Akuntansi.Bandung:PT Refika Aditama.

Tandio, T.(2016).Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Perseps Risiko, Gender dan Kemajuan




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.11-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis di :

Google ScholarBielefeld Academic Search Engine (BASE)

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ