MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN YANG SUKSES UNTUK CLICK CAFE
DOI:
https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.57-66Keywords:
Strategi Marketing, Analisisn SWOT, Click Café.Abstract
Strategi pemasaran efektif sangat penting untuk bisnis apapun tanpa melihat seberapa besar atau kecil ukuran suatu bisnis, dan pemilik bisnis Click Café telah menyadari hal ini. Click Café; sebuah kedai kopi baru yang berlokasi di Ruko Sentra Menteng Bintaro Sektor 7 yang telah beroperasi lebih dari setahun lalu, dan ini merupakan waktu yang tepat bagi Click Café untuk mengevaluasi bisnis kedai kopi tersebut berdasarkan kinerja tahun pertama mereka. Situasi bisnis saat ini dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Metode-metode untuk menganalisis situasi seperti STP (Segmenting, Targeting, and Positioning), Marketing Model, dan 4Ps – Marketing Mix Model dipertimbangkan sebagai analisis faktor internal untuk menilai situasi sebuah bisnis (Sumber: Dr. West., Market Analysis and Strategy; Fisher College of Business, OSU; 2014). Di lain hal, faktor eksternal didefinisikan sebagai berbagai macam faktor-faktor di luar sebuah perusahaan yang dapat berdampak atau mampu memengaruhi secara kuat bisnis tersebut. Faktor ini sangat sulit untuk dikendalikan. Seperti banyak orang yang berpendapat bahwa kita tidak memiliki kendali terlalu banyak terhadap faktor eksternal tersebut. Analisis PESTEL dan analisis kompetitor – Porter’s Five Forces Model merupakan kategori analisis faktor-faktor eksternal. (Sumber: Dr. West., Market Analysis and Strategy; Fisher College of Business, OSU; 2014).Tujuan dari jurnal proyek akhir ini adalah untuk meneliti dan mengembangkan strategi pemasaran terbaik Click Café untuk dua hingga tiga tahun selanjutnya dengan menggunakan data dari riset pasar yang telah dilakukan.References
Creswell, John W. 2009, Research Design. Sage.
Drucker, Peter 2007. Practice of Management. Harper Business Publisher, New York.
Faustino, Jose M, 1998, Marketing Excellence, p. 51 – 72, Phillipine Marketing Association.
Green, E. Paul. 2005, Market Research and Modeling: Progress and Prospects, Springeronline.com.
Isaiah Berlin, 1953. The Hedgehog and the Fox: An Essay on Tolstoy's View of History, London: Weidenfeld & Nicolson.
Kertajaya, Hermawan, 2008, New Wave Marketing, p. 14-25 Gramedia Pustaka Utama
NK Malhotra on his book “Marketing Research: An Applied approach” in 2007. Porter, E. Michael, January 2008, The Five Competitive Forces that Shape Strategy, Harvard Business Review.
International Coffee Organization (ICO), Statista 2016. United States Department of Agriculture (USDA), 2014, USA in Figures.
http://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/customer-segmentation-targeting/segmentation-targeting-and-positioning/ (Accessed March 2016)
http://www.marketingdonut.co.uk/marketing/market-research/questionnaires-surveys-and-focus-groups/top-20-questions-that-research-could-help-you-answer (Accessed June 2016)
http://www.segmentationstudyguide.com/segmentation-bases/choice-of-segmentation-bases/ (Accessed May 2016)
http://www.grin.com/en/e-book/111348/coffee-shop-industry-a-strategic-analysis (Accessed April 2016)
http://www.wikihow.com/Make-a-Market-Survey (Accessed May 2016)
http://foundersguide.com/how-to-apply-swot-in-business/ (Accessed May 2016)
http://www.grin.com/en/e-book/111348/coffee-shop-industry-a-strategic-analysis (Accessed June 2016)
http://smallbusiness.chron.com/swot-analysis-coffee-cafe-15644.html(Accessed June 2016)
http://pestleanalysis.com/difference-swot-pest-steep-steeple-analysis/(Accessed June 2016)
http://www.surveysystem.com/sdesign.htm(Accessed June 2016)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, telah menyetujui ketentuan Lisensi Hak Cipta sebagai berikut :
1. Penulis memegang hak cipta atas jurnal yang telah dituliskanya, dan memberikan hak kepada Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis untuk menjadi yang pertama dan satu-satunya pengelola jurnal untuk mempublikasikan artikel tersebut.
2. Setiap artikel jurnal yang dipublikasikan JMMB dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dan mengaksesnya secara terbuka.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya dalam Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting link tertaut atas artikel yang telah ditulisnya dalam web Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/index ).
Informasi lebih lebih lanjut tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.