MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN YANG SUKSES UNTUK CLICK CAFE

Evi Sofia, Agung Wicaksono

Abstract


Strategi pemasaran efektif sangat penting untuk bisnis apapun tanpa melihat seberapa besar atau kecil ukuran suatu bisnis, dan pemilik bisnis Click Café telah menyadari hal ini. Click Café; sebuah kedai kopi baru yang berlokasi di Ruko Sentra Menteng Bintaro Sektor 7 yang telah beroperasi lebih dari setahun lalu, dan ini merupakan waktu yang tepat bagi Click Café untuk mengevaluasi bisnis kedai kopi tersebut berdasarkan kinerja tahun pertama mereka. Situasi bisnis saat ini dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Metode-metode untuk menganalisis situasi seperti STP (Segmenting, Targeting, and Positioning), Marketing Model, dan 4Ps – Marketing Mix Model dipertimbangkan sebagai analisis faktor internal untuk menilai situasi sebuah bisnis (Sumber: Dr. West., Market Analysis and Strategy; Fisher College of Business, OSU; 2014). Di lain hal, faktor eksternal didefinisikan sebagai berbagai macam faktor-faktor di luar sebuah perusahaan yang dapat berdampak atau mampu memengaruhi secara kuat bisnis tersebut. Faktor ini sangat sulit untuk dikendalikan. Seperti banyak orang yang berpendapat bahwa kita tidak memiliki kendali terlalu banyak terhadap faktor eksternal tersebut. Analisis PESTEL dan analisis kompetitor – Porter’s Five Forces Model merupakan kategori analisis faktor-faktor eksternal. (Sumber: Dr. West., Market Analysis and Strategy; Fisher College of Business, OSU; 2014).Tujuan dari jurnal proyek akhir ini adalah untuk meneliti dan mengembangkan strategi pemasaran terbaik Click Café untuk dua hingga tiga tahun selanjutnya dengan menggunakan data dari riset pasar yang telah dilakukan.


Keywords


Strategi Marketing, Analisisn SWOT, Click Café.

References


Creswell, John W. 2009, Research Design. Sage.

Drucker, Peter 2007. Practice of Management. Harper Business Publisher, New York.

Faustino, Jose M, 1998, Marketing Excellence, p. 51 – 72, Phillipine Marketing Association.

Green, E. Paul. 2005, Market Research and Modeling: Progress and Prospects, Springeronline.com.

Isaiah Berlin, 1953. The Hedgehog and the Fox: An Essay on Tolstoy's View of History, London: Weidenfeld & Nicolson.

Kertajaya, Hermawan, 2008, New Wave Marketing, p. 14-25 Gramedia Pustaka Utama

NK Malhotra on his book “Marketing Research: An Applied approach” in 2007. Porter, E. Michael, January 2008, The Five Competitive Forces that Shape Strategy, Harvard Business Review.

International Coffee Organization (ICO), Statista 2016. United States Department of Agriculture (USDA), 2014, USA in Figures.

http://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/customer-segmentation-targeting/segmentation-targeting-and-positioning/ (Accessed March 2016)

http://www.marketingdonut.co.uk/marketing/market-research/questionnaires-surveys-and-focus-groups/top-20-questions-that-research-could-help-you-answer (Accessed June 2016)

http://www.segmentationstudyguide.com/segmentation-bases/choice-of-segmentation-bases/ (Accessed May 2016)

http://www.grin.com/en/e-book/111348/coffee-shop-industry-a-strategic-analysis (Accessed April 2016)

http://www.wikihow.com/Make-a-Market-Survey (Accessed May 2016)

http://foundersguide.com/how-to-apply-swot-in-business/ (Accessed May 2016)

http://www.grin.com/en/e-book/111348/coffee-shop-industry-a-strategic-analysis (Accessed June 2016)

http://smallbusiness.chron.com/swot-analysis-coffee-cafe-15644.html(Accessed June 2016)

http://pestleanalysis.com/difference-swot-pest-steep-steeple-analysis/(Accessed June 2016)

http://www.surveysystem.com/sdesign.htm(Accessed June 2016)




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.57-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis di :

Google ScholarBielefeld Academic Search Engine (BASE)

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ