PENGARUH GAYA HIDUP DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM ISI ULANG N2N

Suci Etri Jayanti, Muhlizar Muhlizar

Abstract


Parfum digunakan sebagai penunjang penampilan dan meningkatkan nilai percaya diri bagi yang menggunakannya, demikian pula pada pegawai STIE Bina Karya tebing Tinggi. N2N Perfume adalah toko parfum isi ulang di Kota Tebing Tinggi yang begitu terkenal. Dengan banyaknya varian parfum saat ini, kebanyakan memilih parfum menggunakan isi ulang. Setiap orang pasti mempertimbangkan sesuatu hal sebelum melakukan keputusan pembelian. Hal ini juga bergantung pada gaya hidup yang menggambarkan keseluruhan diri seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Selain itu, faktor lain dalam melakukan keputusan pembelian melalui Word Of Mouth (WOM) atau promosi dari mulut ke mulut. Meskipun gaya hidup dan WOM parfum isi ulang yang begitu marak, masih ada pegawai STIE Bina Karya Tebing Tinggi yang lebih suka membeli dan menggunakan parfum original (kemasan pabrikan), dengan alasan parfum isi ulang membekas di pakaian, aroma kurang menyebar, panas dikulit dan lebih mahal dengan ukuran yang lebih sedikit dibandingkan parfum original (kemasan pabrikan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan WOM terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Dari hasil perhitungan uji simultan diperoleh bahwa hipotesis Variabel Gaya Hidup dan Variabel Word Of Mouth berpengaruh terhadap Variabel Keputusan pembelian. 

Keywords


Gaya Hidup, WOM dan Keputusan Pembelian

References


Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Press.

Daryanto dan Setyabudi. 2015. Panduan Praktis Penelitian Ilmiah. Yogyakarta: Gava Media.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang; Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Gary Amstrong dan Kotler, Philip. 2015. Principle of Marketing, New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Center for Academic Publishing Service. Yogyakarta.

Joesyiana, Kiki. 2018. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekan Baru. Jurnal Valuta Volume 4 No. 1. ISSN : 2502-1419.

Keller dan Kotler, Philip. 2016. Marketing Management, Edisi 15, Pearson, England.

Kuswatiningsih. 2016. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Lupiyoadi, R. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Komptensi. Jakarta: Salemba Empat.

Malau, Harman. 2017. Manajememn Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Pradesty, Beby Halkirana 2017. Pengaruh Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Lipstick Revlon. Skripsi. Medan: Universitas sumatera utara.

Satori, Djam’an & Aan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed.1, Cetakan ke-7. Bandung: Alfabeta.

Saputri, Eka Agasta. 2018. Analisis Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Mayang Collection Di Kota Malang. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan ke-25.Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V Wiratna 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumarwan. 2015. Prilaku Konsumen. Edisi ke 2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tjiptono, Fandy . 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.1.2.103-108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ