DETERMINAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERTAMBANGAN BATU BARA

Zulfikar Ramadhan, Azizatul Munawaroh

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin, Return On Equity, Earning Per Share terhadap harga saham Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara. Desain penelitian ini bersifat asosiatif dengan jenis kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan adalah Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. sehingga sampel yang terpilih adalah 18 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan data panel. Dengan melakukan uji penentuan model estimasi menggunakan uji chow dan uji hausman, yang hasilnya menunjukkan bahwa regresi berganda dengan data panel menggunakan Random Effect Model. Selanjutnya dilakukan analisis persamaan regresi, dan uji kelayakan model regresi dimana diketahui bahwa Net Profit Margin berpengaruh positif  dan signifikan terhadap harga saham, Return On Equity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, dan Earning Per Share berpengaruh negatif  dan tidak signifikan terhadap harga saham.


Keywords


net profit margin, return on equity, earning per share, harga saham

References


Brigham, Eugene F, & Houston, Joel F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 2 Edisi 11. Jakarta : Salemba Empat.

Brigham, Eugene F, & Houston, Joel F. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 1 Edisi 14. Jakarta : Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono & Fakhruddin. (2012). Pasar Modal di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Darnita, Elis. (2014). Analisis Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) Dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Food Dan Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2008-2012. Repository Universitas Nuswantoro Semarang.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ferawati, Yuni. (2017). Analisis pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, Earning Per Share, dan Return on Equity terhadap Harga Saham perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Simki-Economic, Vol.1, No.5.

Herliansyah, Yudhi. (2012). Modul Seminar: Akuntansi Pertambangan Umum. Seminar Akuntansi. Pusat Pengembangan Bahan Ajar Universitas Mercu Buana.

Horne, James C. Van, dan Wachowicz, John M., Jr. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan (Fundamentals of Financial Management. Edisi 13 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat

Kasmir.. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Jakarta : Prenadamedia Group.

Mukandar A.A. (2019). Pengaruh variabel makroekonomi terhadap indeks Harga Saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. Repository Universitas Muhammadiyah Palembang.

Nababan, Elisabeth. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham perusahaan pada Sub Sektor pertambangan Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Student PapersUniversitas HKBP Hommesen.

Nababan, Liza Uli, (2019) Penerapan model regresi data panel pada analisis harga saham perusahaan batu bara. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.16, No.1.

Nuriqli, Arifia & Sofyan, Sany. (2018). Pengaruh Faktor-faktor Fundamental terhadap Harga Saham (studi pada perusahaan sub sektor pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Jurnal KINDAI, Vol.14, No.1.

Ompusunggu, Gembira M.S. (2018). Pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham pada PT. ANEKA TAMBANG Tbk. Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (studi kasus 2009-2016). Student PapersUniversitas HKBP Hommesen.

Prayogi. (2020). Pengaruh Rasio Struktur Permodalan dan Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Batu Bara yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia. Student Papers Universitas Pertamina.

Rahmadewi, Pande Widya dan Nyoman Abudanti (2018) Pengaruh EPS, PER, CR dan ROE terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia. E-jurrnal manajemen Universitas Udayana, Vol.7, No.4.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Utami & Darmawan (2018). Pengaruh DER, ROA, ROE, EPS dan MVA terhadap harga saham pada indeks saham syariah Indonesia. Jurnal of Applied Manegerial Accounting, Vol.2, No.2.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.3.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ