PENGARUH KESULITAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTS NEGERI 4 WONOGIRI

Anisa Muthi'atul Hanifah, Sumardi Sumardi

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kesulitan belajar terhadap hasil belajar, keaktifan siswa terhadap hasil belajar, serta kesulitan belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar secara bersama-sama. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian korelasional. Tennik random sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan instrument yang berupa angket kesulitan belajar, angket keaktifan siswa, dan nilai ujian tengah semester sebagai hasil belajar. Data dari setiap variabel akan di analisis menggunakan regresi linier berganda karena memiliki 2 variabel bebas dan uji hipotesis seperti uji parsial (t), uji simultan (F), uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis, maka diperoleh persamaan  dan kesimpulan yang menyatakan bahwasannya tidak ada pengaruh antara kesulitan belajar dan hasil belajar, adanya pengaruh antara keaktifan siswa dan hasil belajar, serta tidak adanya pengaruh yang diberikan kesulitan belajar dan keaktifan siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII A di MTs Negeri 4 Wonogiri.


Keywords


Kesulitan Belajar; Keaktifan Siswa; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ekowati, C. K., Samo, D. D., & Ng Njuka, K. T. 2021. Pengaruh Kecemasan, Kesulitan Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang. Haumeni Journal of Education. Vol. 1(1), pp: 31–33.

Fadjrin, N. N. 2017. “Hubungan Keaktifan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII”. JURNAL ILMIAH MATHGRAM Program Studi Matematika. Vol. 2(1), pp: 1–8. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/mthg/article/view/169

Ikhsan, M. 2019. “Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2(1), pp: 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Rahmah, N. 2018. “Hakikat Pendidikan Matematika”. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 1(2), pp: 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Susanto, H. P. 2016. “Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa”. Beta Jurnal Tadris Matematika. Vol. 9(2), pp: 134-147. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10

Wibowo, N. 2016. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari”. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). Vol. 1(2), pp: 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.165-170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ