ANALISIS LEARNING OBSTACLES MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA KONSEP TURUNAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asih, K., S., Rosita., C., D., Tonah., 2018. “Analisis Learning Obstacles Pada Pokok Bahasan Aplikasi Turunan Pada Siswa Kelas XI SMA”. Prosiding SNMPM II,Prodi Pendidikan Matematika Unswagati, Cirebon, 10 Maret 2018
Borji, V., Alamolhodaei, H., & Radmehr, F.2018. “Application of the APOS-ACE Theory To Improve Students’ Graphical Understanding Of Derivative”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Vol 14(7), pp: 2947-2967.
Brosseo G. 2002. Theory of Didactical Situations in Mathematics. Dordrecht:Kluwer Academic Publisher
Cesaria, A. N. N. A., & Herman, T. A. T. A. N. G. 2019. “Learning obstacle in geometry”. Journal of Engineering Science and Technology. Vol 14(3), pp: 1271-1280.
Desmayanasari, D., & Hardianti, D. 2021. “Desain Didaktis Sifat-sifat Bangun Datar Segiempat”. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 6(1), pp: 18-31.
Dominguez, A., Barniol, P., & Zavala, G. 2017. “Test of understanding graphs in calculus: Test of students’ interpretation of calculus graphs”. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education
Fuadiah, N. F. 2016. “Miskonsepsi sebagai Hambatan Belajar Siswa dalam Memahami Matematika”. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara. Vol 7(2), pp: 87-92.
Fuentealba, C., Badillo, E., Matamoros, G.S., Cárcamo, A. 2019. “The Understanding of the Derivative Concept in Higher Education”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Vol 15(2).
Hashemi, N., Abu, M.S., Kashefi, H., Mokhtar, M. 2015. “Designing Learning Strategy to Improve Undergraduate Students’ Problem Solving in Derivatives and Integrals: A Conceptual Framework”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol 11(2), pp: 227-238
Maharaj. A. 2013. “An APOS Analysis of natural students’ Understanding of derivatives”. South African Journal of Education. Vol 33(1), pp: 1-16.
Moleong, L.J,. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Ningsih, Y.L. 2016. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS pada Materi Turunan”. Edumatica. Vol 6(01).
Prihandika, A. Prabawanto, S., Turumudi., T., Suryadi D. 2020. “Epistemological Obstacles:An Overview of Thinking Process on Derivative Concept by APOS Theory and Clinical Interview”. Journal of Physics:Conference Series.1521
Purcell, E., J. Verberg, D., & Rigdon, S.E. 2010. Kalkulus Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Tall, D. 1993. “Students’ Difficultsies in Calculus”. Proceedings of Working Group & on Students’ Difficulties in Calculus, ICME-7
Putri, F. M. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Layanan Jurusan Non Eksak”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 2(1), pp: 44-52.
Rosiyanti, H., & Kamil, G. 2018. “Penggunaan Lembar Kerja Siswa Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP dharma karya UT”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 4(2), pp: 155-160.
Safitri, G., & Dasari, D. 2022. “Student’s Obstacles In Learning Volume Of Cube And Cuboid”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 8(2), pp: 112-122.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung : Alfabeta
Suryadi, D. 2019. Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung:Gapura Press. Cet. Ke 1
Tohirin.2016.Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Cet. Ke-2
Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. 2021. “Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan”. Research and Development Journal of Education. Vol 7(2), pp: 226-236.
Unaenah, Een. 2017. “Analisis Learning Obstacles Konsep Geometri pada Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Dosen Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA.
Utari, R. S., & Utami, A .2020. “Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu Dan Tentu”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 14(1), pp: 39-50.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.187-196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |