ANALISIS LEARNING OBSTACLES MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA KONSEP TURUNAN

Eva Musyrifah, Jarnawi Afgani Dahlan, Endang Cahya, M. Hafiz

Abstract


Kesulitan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan konsep turunan dapat berpotensi menimbulkan hambatan belajar (learning obstacles). Hal ini berakibat pada pemerolehan pengetahuan mahasiswa tentang konsep terkait yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis learning obstacle yang muncul pada konsep turunan pada jenis ontologis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa program studi Pendidikan Matematika semester 1 yang sudah mengikuti perkuliahan Kalkulus Diferensial. Data diperoleh dengan memberikan tes dan melakukan wawancara. Triangulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi tekhnik yang dilakukan dengan membandingkan informasi atau data pada sumber yang sama dengan tekhnik berbeda. Wawancara dilakukan untuk mengklarifikasi adanya learning obstacles pada konsep turunan. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hambatan ontogenik konseptual, instrumental, dan psikologis. Secara umum, learning obstacles ini merupakan pertimbangan bagi pendidik dalam merancang desain didaktis pada konsep turunan

Keywords


Learning Obstacles, Konsep Turunan, Ontological Obstacles

Full Text:

PDF

References


Asih, K., S., Rosita., C., D., Tonah., 2018. “Analisis Learning Obstacles Pada Pokok Bahasan Aplikasi Turunan Pada Siswa Kelas XI SMA”. Prosiding SNMPM II,Prodi Pendidikan Matematika Unswagati, Cirebon, 10 Maret 2018

Borji, V., Alamolhodaei, H., & Radmehr, F.2018. “Application of the APOS-ACE Theory To Improve Students’ Graphical Understanding Of Derivative”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Vol 14(7), pp: 2947-2967.

Brosseo G. 2002. Theory of Didactical Situations in Mathematics. Dordrecht:Kluwer Academic Publisher

Cesaria, A. N. N. A., & Herman, T. A. T. A. N. G. 2019. “Learning obstacle in geometry”. Journal of Engineering Science and Technology. Vol 14(3), pp: 1271-1280.

Desmayanasari, D., & Hardianti, D. 2021. “Desain Didaktis Sifat-sifat Bangun Datar Segiempat”. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 6(1), pp: 18-31.

Dominguez, A., Barniol, P., & Zavala, G. 2017. “Test of understanding graphs in calculus: Test of students’ interpretation of calculus graphs”. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education

Fuadiah, N. F. 2016. “Miskonsepsi sebagai Hambatan Belajar Siswa dalam Memahami Matematika”. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara. Vol 7(2), pp: 87-92.

Fuentealba, C., Badillo, E., Matamoros, G.S., Cárcamo, A. 2019. “The Understanding of the Derivative Concept in Higher Education”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Vol 15(2).

Hashemi, N., Abu, M.S., Kashefi, H., Mokhtar, M. 2015. “Designing Learning Strategy to Improve Undergraduate Students’ Problem Solving in Derivatives and Integrals: A Conceptual Framework”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol 11(2), pp: 227-238

Maharaj. A. 2013. “An APOS Analysis of natural students’ Understanding of derivatives”. South African Journal of Education. Vol 33(1), pp: 1-16.

Moleong, L.J,. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Ningsih, Y.L. 2016. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS pada Materi Turunan”. Edumatica. Vol 6(01).

Prihandika, A. Prabawanto, S., Turumudi., T., Suryadi D. 2020. “Epistemological Obstacles:An Overview of Thinking Process on Derivative Concept by APOS Theory and Clinical Interview”. Journal of Physics:Conference Series.1521

Purcell, E., J. Verberg, D., & Rigdon, S.E. 2010. Kalkulus Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Tall, D. 1993. “Students’ Difficultsies in Calculus”. Proceedings of Working Group & on Students’ Difficulties in Calculus, ICME-7

Putri, F. M. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Layanan Jurusan Non Eksak”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 2(1), pp: 44-52.

Rosiyanti, H., & Kamil, G. 2018. “Penggunaan Lembar Kerja Siswa Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP dharma karya UT”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 4(2), pp: 155-160.

Safitri, G., & Dasari, D. 2022. “Student’s Obstacles In Learning Volume Of Cube And Cuboid”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 8(2), pp: 112-122.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung : Alfabeta

Suryadi, D. 2019. Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung:Gapura Press. Cet. Ke 1

Tohirin.2016.Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Cet. Ke-2

Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. 2021. “Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan”. Research and Development Journal of Education. Vol 7(2), pp: 226-236.

Unaenah, Een. 2017. “Analisis Learning Obstacles Konsep Geometri pada Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Dosen Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA.

Utari, R. S., & Utami, A .2020. “Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu Dan Tentu”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 14(1), pp: 39-50.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.187-196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ