PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Ahmad Fadillah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan model pembelajaran mind mapping dengan kemampuan komunikasi matematika dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran jigsaw dengan kemampuan komunikasi matematika. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematika dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 10 Tangerang di Propinsi Banten dengan subjek sampel adalah siswa kelas VIII sebanyak dua kelas dari sepuluh kelas yang ada dipilih secara acak. Analisis data yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t dan uji Anova, pada taraf signifikansi alpha=0,05. Dari analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


Bell, F.H. (1987). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). University of

Pittsburgh.

Irianto Ansari, Bansu. (2003). “Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan

Komunikasi Matematika Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write”. Disertasi.

Bandung: UPI.

Lie. (1994). Mempraktekkan Cooperative Learning di ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Lindquist. (1987). Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for

School Mathematics. Reston, VA : NCTM.

Polya, G. (1985). How to Solve It, A New Aspect of Mathematical Methods. New Jersey:

Pearson Education, Inc.

Ratnaningsih, N. (2003). “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa SMU

melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Tesis. Bandung: UPI (Tidak diterbitkan).

Arends. (1997). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumarmo, U. (2003). “Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi pada Siswa SLTP

dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui berbagai Pendekatan

Pembelajaran”. Laporan Penelitian. Bandung: UPI.

TIMSS. (2003). International Students Achievement in Mathematics. [Online]. Tersedia:

http://timss:bc.edu/timss2003i/pdf/T03imath01.pdf.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori pembelajaran Matematika (berparadigma

Eksploratif dan investigative). Bandung: PT. Leuser.

Within. (1992). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.1-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ