PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.1-12Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan model pembelajaran mind mapping dengan kemampuan komunikasi matematika dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran jigsaw dengan kemampuan komunikasi matematika. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematika dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 10 Tangerang di Propinsi Banten dengan subjek sampel adalah siswa kelas VIII sebanyak dua kelas dari sepuluh kelas yang ada dipilih secara acak. Analisis data yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t dan uji Anova, pada taraf signifikansi alpha=0,05. Dari analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.References
Bell, F.H. (1987). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). University of
Pittsburgh.
Irianto Ansari, Bansu. (2003). “Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan
Komunikasi Matematika Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write”. Disertasi.
Bandung: UPI.
Lie. (1994). Mempraktekkan Cooperative Learning di ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Lindquist. (1987). Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for
School Mathematics. Reston, VA : NCTM.
Polya, G. (1985). How to Solve It, A New Aspect of Mathematical Methods. New Jersey:
Pearson Education, Inc.
Ratnaningsih, N. (2003). “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa SMU
melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Tesis. Bandung: UPI (Tidak diterbitkan).
Arends. (1997). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumarmo, U. (2003). “Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi pada Siswa SLTP
dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui berbagai Pendekatan
Pembelajaran”. Laporan Penelitian. Bandung: UPI.
TIMSS. (2003). International Students Achievement in Mathematics. [Online]. Tersedia:
http://timss:bc.edu/timss2003i/pdf/T03imath01.pdf.
Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori pembelajaran Matematika (berparadigma
Eksploratif dan investigative). Bandung: PT. Leuser.
Within. (1992). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).