PENGARUH KESULITAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTS NEGERI 4 WONOGIRI
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.165-170Keywords:
Kesulitan Belajar, Keaktifan Siswa, Hasil BelajarAbstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kesulitan belajar terhadap hasil belajar, keaktifan siswa terhadap hasil belajar, serta kesulitan belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar secara bersama-sama. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian korelasional. Tennik random sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan instrument yang berupa angket kesulitan belajar, angket keaktifan siswa, dan nilai ujian tengah semester sebagai hasil belajar. Data dari setiap variabel akan di analisis menggunakan regresi linier berganda karena memiliki 2 variabel bebas dan uji hipotesis seperti uji parsial (t), uji simultan (F), uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis, maka diperoleh persamaan dan kesimpulan yang menyatakan bahwasannya tidak ada pengaruh antara kesulitan belajar dan hasil belajar, adanya pengaruh antara keaktifan siswa dan hasil belajar, serta tidak adanya pengaruh yang diberikan kesulitan belajar dan keaktifan siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII A di MTs Negeri 4 Wonogiri.References
Ekowati, C. K., Samo, D. D., & Ng Njuka, K. T. 2021. Pengaruh Kecemasan, Kesulitan Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang. Haumeni Journal of Education. Vol. 1(1), pp: 31–33.
Fadjrin, N. N. 2017. “Hubungan Keaktifan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII”. JURNAL ILMIAH MATHGRAM Program Studi Matematika. Vol. 2(1), pp: 1–8. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/mthg/article/view/169
Ikhsan, M. 2019. “Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2(1), pp: 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Rahmah, N. 2018. “Hakikat Pendidikan Matematika”. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 1(2), pp: 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Susanto, H. P. 2016. “Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa”. Beta Jurnal Tadris Matematika. Vol. 9(2), pp: 134-147. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10
Wibowo, N. 2016. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari”. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). Vol. 1(2), pp: 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).