IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA MATERI TRANSFORMASI LINIER
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.25-36Abstract
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika mahasiswa pada materi Transformasi Linier dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dibandingkan tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Sampel penelitian sebanyak 28 mahasiswa semester V dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian pemahaman konsep matematika. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang valid dan reliabel, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistika Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme materi Transformasi Linier.References
Kadir. (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna.
Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasri dan Komunasikasi. Bandung: Sekolah
Pascasarjana UPI dan CV Alfabeta.
Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Subana. (2001). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Penelitian. Yogyakarta: Kanisius.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
2015-12-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).