PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.53-58Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif TipeQuantum Teaching dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitiannon-equivalent contol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al-Husna Kota Tangerang, pengambilan sampel menggunakan teknikrandom sampling. Sehingga sampel yang didapat adalah siswa SMP sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen, yaitu kelas yang memperoleh model pembelajaran Kooperatif Tipe Quantum Teaching dan kelas kontrol yaitu siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pemahaman konsep matematis berbentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Quantum Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.References
Depdiknas. (2006). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: BSNP.
Kosasih, N dan Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan.
Bandung: Alfabeta.
NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston. VA:
NCTM.
NCTM. (2005). Exploring Math: An Intervention and Reinforcement Resource. Teacher
Created Materials. Reston. VA: NCTM.
Downloads
Published
2016-06-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).