PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Haerudin Haerudin Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ratu Sarah Fauziah Iskandar Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.53-58

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif TipeQuantum Teaching dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitiannon-equivalent contol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al-Husna Kota Tangerang, pengambilan sampel menggunakan teknikrandom sampling. Sehingga sampel yang didapat adalah siswa SMP sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen, yaitu kelas yang memperoleh model pembelajaran Kooperatif Tipe Quantum Teaching dan kelas kontrol yaitu siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pemahaman konsep matematis berbentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Quantum Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Biografi Penulis

Haerudin Haerudin, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Pendidikan

Ratu Sarah Fauziah Iskandar, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Pendidikan

Referensi

Depdiknas. (2006). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: BSNP.

Kosasih, N dan Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan.

Bandung: Alfabeta.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston. VA:

NCTM.

NCTM. (2005). Exploring Math: An Intervention and Reinforcement Resource. Teacher

Created Materials. Reston. VA: NCTM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-06-30