PENGARUH STRATEGI HEURISTIK VEE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.40-57Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran heuristik vee terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Semester V tahun akademik 2015/2016 dengan desain randomized control group post testonly design. Subyek penelitian ini adalah 55 mahasiswa yang terdiri dari 28 mahasiswa kelompok eksperimen dan 27 mahasiswa kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran heuristik vee lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran heuristik vee sebesar 83,96 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional sebesar 78,3.References
Dahar, R W. ( ) Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Rosyada, Dede. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.
Gerald J. Calais. (2009). “The Vee Diagram as a Problem Solving Strategy: Content Area
Reading/Writing Implication”. National Forum Teacher Education Journal. Vol 19
(3).
Idris, Noraini. (2009). Enhancing Students Understanding In Calculus Trough Writing.
Malaysia: International Electronic Jurnal of Mathematics Education.
Kadir. (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT Rosemata Sempura.
Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it Up: Helping Children
Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Ni Md. Okty Purwani dkk (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee terhadap
Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Mendoyo”. Mimbar
PGSD : Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 (1) [e-Journal]
Ozgul Keles and Sibel Ozsoy (2009). “Pre-service teachers’ attitudes toward use of Vee
diagrams in general physics laboratory”. Internasional Electronic Journal of
Elementary Education. Vol 1, (3), Juni.
Suhenda (2007). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI
Wardhani, Sri (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk
Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan
dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).