PENGARUH STRATEGI HEURISTIK VEE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK

Penulis

  • Otong Suhyanto UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Eva Musyrifah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.40-57

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran heuristik vee terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Semester V tahun akademik 2015/2016 dengan desain randomized control group post testonly design. Subyek penelitian ini adalah 55 mahasiswa yang terdiri dari 28 mahasiswa kelompok eksperimen dan 27 mahasiswa kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran heuristik vee lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran heuristik vee sebesar 83,96 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional sebesar 78,3. 

Biografi Penulis

Otong Suhyanto, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pendidikan

Eva Musyrifah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pendidikan

Referensi

Dahar, R W. ( ) Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Rosyada, Dede. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.

Gerald J. Calais. (2009). “The Vee Diagram as a Problem Solving Strategy: Content Area

Reading/Writing Implication”. National Forum Teacher Education Journal. Vol 19

(3).

Idris, Noraini. (2009). Enhancing Students Understanding In Calculus Trough Writing.

Malaysia: International Electronic Jurnal of Mathematics Education.

Kadir. (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT Rosemata Sempura.

Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it Up: Helping Children

Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Ni Md. Okty Purwani dkk (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee terhadap

Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Mendoyo”. Mimbar

PGSD : Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 (1) [e-Journal]

Ozgul Keles and Sibel Ozsoy (2009). “Pre-service teachers’ attitudes toward use of Vee

diagrams in general physics laboratory”. Internasional Electronic Journal of

Elementary Education. Vol 1, (3), Juni.

Suhenda (2007). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI

Wardhani, Sri (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk

Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan

dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-12-30