IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.37-44Abstrak
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Treffinger (2) mendeskripsikan sikap siswa pada dua kelompok penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tambun Utara kelas XI pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode Quasi-Eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 88 siswa kelas XI IPS. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang sudah valid dan reliabel, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan hipotesis uji t nonhomogen. Hasil penelitian mengungkapkan ratarata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaranTreffinger lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Treffinger serta sikap siswa pada proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Treffinger.Referensi
Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:
Rieneka Cipta.
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rieneka Cipta.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Septiasari, Andini. (2009). Ensiklopedia Matematika (K-Q). Bandung: Indah Jaya Adi
Pratama
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rieneka Cipta.
Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suriasumantri, Jujun S. (2007). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).