PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA E_LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.71-79Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, E-learning, LKS, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan media e-learning dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respon guru, respon siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan bantuan media elearning ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga prestasi belajar siswa lebih baik, dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran matematika dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbantuan media elearning perlu diterapkan pada sekolah-sekolah.Referensi
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hake, R.R. (1998). Interactive – Engagement Versus Traditional Methods ; A. Six –
Thousand – Student Survey of Mechanics Tes Data for Introductory Physics Course,
American Association of Physic Teacher. 66 (1) 64-74.
http://web.mit.edu/rsi/www/2005/misc/minipaper/papers/Hake.pdf di akses 10 Januari
Herawati, S. (1994). “Penelusuran Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami
Bangun-bangun Geometri Studi Kasus di KelasVI SD No. 4 Purus Selatan”. Tesis, IKIP
Malang
Hudojo, H. (1998). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Kennedy, L. T. S. (1994). Guilding Children’s Learning of Mathematics. Wordwars
Publishing Company.
Nieveen. (1999). Prototyping to Reach Product Quality: Design Approches and Tools in
Education and Training. Van den Akker, jan. et.al. Dordrecht, the Neterlands: Kluwer
Academic Publisher.
Ruseffendi, ET. (1991). Penilaian dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran
Matematika. Bandung : Tarsito.
Sutinah, A. (2006). Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia di Sekolah Dasar.
www.google.com/pembelajaran/interaktif/sutinah (diakses 12 Desember 2010).
Uno, H.B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif
dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).