Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Level Kognitif Reasoning Berdasarkan Teori Newman
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.10.2.247-260Kata Kunci:
analisis kesalahan, AKM numerasi, level kognitif reasoning, teori newman, kualitatifAbstrak
Dalam menyelesaikan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi, peserta didik masih melakukan kesalahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik ketika menyelesaikan soal AKM pada level kognitif reasoning berdasarkan teori Newman. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini berjumlah 5 peserta didik kelas VIII D di salah satu SMP yang ada di Banyuwangi. Pemilihan 5 peserta didik dipilih berdasarkan pertimbangan hasil pengerjaannya dalam menyelesaikan soal AKM pada level kognitif reasoning yang lengkap dan mengalami kesalahan (purposive sampling). Data pada penelitian ini didapatkan dari hasil analisis kesalahan pengerjaan peserta didik dan hasil wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif sesuai dengan indikator kesalahan teori Newman yang terdiri dari kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa 5 peserta didik melakukan kesalahan sesuai dengan indikator kesalahan teori Newman, yaitu sebanyak 2 peserta didik melakukan kesalahan dalam membaca dan memahami soal, 1 peserta didik melakukan kesalahan transformasi, 1 peserta didik melakukan kesalahan keterampilan proses, dan 2 peserta didik melakukan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Penyebab peserta didik melakukan kesalahan dikarenakan kurang teliti, lupa, tidak fokus, waktu yang singkat, dan kurang terbiasa mengerjakan soal berjenis AKM.Referensi
Abdul Halim, F., Rasidah, N., Kunci, K., Kesalahan, A., Cerita, S., & Newman, P. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman (Analysis of Student Error in Resolving The Problem of Social Aritmatic Stories Based on Newman Procedures). GAUSS Jurnal Pendidikan Matematika, 02, 35–44. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406
Aditomo, A., Rahmawati, Felicia, N., Shihab, N., & Handayani, F. (2019). Kajian Akademik dan Rekomendasi Reformasi Sistem Asesmen Nasional. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–26.
Agustina, R., Permadani, T. N. A., Widiyarsih, T., & Praswati, Y. C. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Akm Tipe Uraian Berdasarkan Teori Newman. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika , 3(2), 165–174.
Csáky, A., Szabová, E., & Naštická, Z. (2015). Analysis of Errors in Student Solutions of Context-Based Mathematical Tasks. Acta Mathematica Nitriensia, 1(1), 68–75. https://doi.org/10.17846/amn.2015.1.1.68-75
Delima, N., Kurniasih, I., Tohari, R., Hutneriana, F., Nailul, A., & Arumanegara, E. (2022). PISA DAN AKM Literasi Matematika dan Kompetensi Numerasi.
Devi, A. N., & Hamdi, S. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Level SMP Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Pedagogi Matematika, 10(2).
Fauzia, T. I., & Retnawati, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Sma Dalam Mengerjakan Soal Literasi Matematika Model Akm. Jurnal Pedagogi Matematika, 9(3), 143–156.
Fildzah, N. N., & Masriyah, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Setara Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi dan Bentuk Scaffolding yang Diberikan. MATHEdunesa, 13(2), 535–549. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p535-549
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550
Kaprinaputri, A. P. (2013). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jiv, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.2
Kemendikbudristek. (2023). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan kelas V madrasah ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–216.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third Edition). SAGE Publications.
Mursyidah, D., Lidinillah, D. A. M., & Muharram, M. R. W. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Konten Analisis Data dan Peluang Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3174–3191. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2773
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111–122.
Purwanto, A. J. (2021). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 109. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272
Rahmwati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 4(1), 59–65. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1502/725
Saidah, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Smp Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar Dengan Menggunakan Instrumen Cri. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.37859/eduteach.v3i2.3651
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Sari, S. R., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Kesalahan Umum Pada Penyelesaian Soal Cerita Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi: Aplikasi Newman Error Analysis. Natural Science Education Research, 2(2), 159–166. https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6251
Sonia, A., Suanto, E., Kartini, & Maimunah. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Tipe AKM Numerasi pada Domain Geometri. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(1), 34–45. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/15549%0Ahttp://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/download/15549/7086
Suardi, S., EL Hakim, L., & Aziz, T. A. (2022). Kesalahan-Kesalahan Siswa pada Materi Pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 418–428. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201
Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282
Sugiyono. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(10), 2–16. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/338
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).